Tidak Semua Lemak Itu Jelek, Ini Alasannya

Kerap kita mendengar atau membaca, makin sedikit lemak yang kita makan setiap hari makin bagus. Bahkan ada yang bilang, hindari mengonsumsi makanan berlemak jika ingin sehat dan berat badan bisa diturunkan.

Benarkah pendapat itu?

Untuk sebagian bolehlah dikatakan benar. Beberapa jenis lemak terutama lemak jenuh dan trans fat memang gak bagus untuk tubuh kita. Konsumsi lemak ini secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang. Surplus lemak di dalam tubuh akan dibakar menjadi energi, sisanya akan ditumpuk di dalam rongga perut, jaringan di bawah kulit dan rongga pembuluh darah.

Lemak yang menumpuk di dalam rongga perut akan menyebabkan perut buncit berikut masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat perut buncit ini. Sedangkan lemak yang menumpuk di dalam rongga pembuluh darah dapat menyebabkan gangguan aliran darah yang berujung pada penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Tips Mengecilkan Perut Buncit

Tapi, apakah semua lemak berbahaya?

Saya jawab dengan tegas TIDAK. Ada jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh manusia, lemak lemak ini antara lain asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh lainnya. Lemak yang kerap dikatakan lemak baik ini ditemukan pada kacang kacangan, biji bijian, ikan, alpukat, zaitun, dan lain lain. Lemak ini bermanfaat sebagai sumber energi, membantu membentuk sel dan diperlukan dalam pembentukan hormon.

Jadi kesimpulannya, kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh/trans fat yang terdapat dalam mentega, susu tinggi lemak, daging merah dan makanan olahan jadi. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang sumber makanannya seperti yang saya sebutkan diatas.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman