6 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

nanas

Nanas merupakan buah yang sangat populer di daerah tropis termasuk Indonesia. Rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak membuat nanas sangat pas dikonsumsi pada saat cuaca yang panas.

Tapi tahukah kamu, buah nanas juga bermanfaat bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat buah nanas bagi tubuh manusia:

Sehat untuk jantung

Sebuah studi menemukan, buah nanas memiliki efek proteksi terhadap penyakit jantung. Nanas kaya dengan serat, kalium dan Vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Nanas juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi proses inflamasi dan menjaga tekanan darah tetap sehat.

Meredakan inflamasi pada sinus

Bromelain, enzim yang terdapat pada buah nanas memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan radang sinus (sinusitis akut).  Selain meredakan proses inflamasi pada sinus, buah nanas juga meredakan proses inflamasi pada usus besar.

Membantu pencernaan

Enzim bromelain pada nanas membantu proses pencernaan protein pada usus. Enzim ini juga meredakan keluhan pada lambung dan gejala radang usus besar.

Baca juga: 14 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Membantu melawan kanker

Jus nanas segar yang dikonsumsi secara rutin menurut sebuah studi, bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel kanker ovarium dan usus besar.

Bagus untuk sistem kekebalan tubuh

Buah nanas kaya dengan Vitamin C, yang menurut studi bermanfaat untuk menekan gejala batuk, cold dan flu. Anak anak yang mengonsumsi buah nanas setiap hari, lebih cepat sembuh saat menderita sakit akibat virus bila dibandingkan dengan anak anak yang tidak mengonsumsi nanas.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Makanan kaya serat

Tubuh manusia butuh serat dan buah nanas merupakan sumber serat yang bagus. Mereka yang mengonsumsi serat secara rutin memiliki risiko penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, kegemukan dan gangguan pencernaan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsi serat. Peningkatan konsumsi serat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman