Cara Alami Mengobati Radang Sendi (Arthritis)

tips pasutri

tips pasutri

radang sendi

Semakin bertambahnya usia, tubuh manusia juga akan mengalami perubahan. Perubahan ini bisa berlangsung cepat atau perlahan lahan. Salah satu organ yang mengalami perubahan itu adalah sendi. Perubahan pada sendi yang sangat menyiksa mereka yang berusia lanjut adalah terjadinya radang sendi atau Arthritis.

Radang sendi menjadi masalah pada usia lanjut karena sangat membatasi pergerakan mereka dan menjadi salah satu penyebab disabilitas di kalangan usia lanjut.

Apa sih yang dimaksud dengan Arthritis?

Salah satu miskonsepsi tentang Arthritis adalah adanya anggapan bahwa Arthritis itu merupakan penyakit tunggal. Padahal secara klinis, saat ini dikenal lebih dari 100 macam penyakit yang berhubugan dengan sendi. Seluruh sendi yang ada pada tubuh manusia bisa mengalami peradangan dan menyebabkan gangguan pergerakan. Pada kasus yang parah, sendi yang meradang tidak bisa digerakan sama sekali.

Apa saja gejala umum Arthritis?

Gejala umum yang bisa dialami oleh mereka yang menderita Arthritis antara lain:

  • Bengkak pada sendi
  • Nyeri
  • Sendi mengalami kekakuan
  • Penurunan derajat pergerakan

Gejala yang dialami masing masing penderita sangat bervariasi. Ada yang bisa menghilang dengan cepat, ada pula yang menetap.

Apa saja jenis jenis Arthritis?

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada banyak jenis Artrhitis, dan beberapa diantaranya sangat umum terjadi di masyarakat. Beberapa jenis Arthritis yang umum tersebut antara lain:

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan radang sendi yang paling umum di masyarakat. Penyakit ini terjadi karena tulang rawan pada sendi mengalami ke-aus-an akibat penuaan. Karena tulang rawan menipis maka saat bergerak, pada sendi tulang akan ketemu tulang sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan, sakit dan kaku. Semakin banyak tulang rawan yang menipis maka gejala yang muncul akan semakin parah.

Arthritis Inflamasi

Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah radang sendi rematik (rheumatoid arthritis) dan radang sendi psoriatik. Penyebabnya karena gangguan sistem immun yang menyebabkan sistem immun manusia menyerang tubuh sendiri dalam hal ini sendi.

Baca juga: Apakah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?

Arthritis Metabolik

Arthritis metabolik juga kerap disebut dengan gout. Penyebabnya karena timbunan asam urat pada sendi. Kristal kristal asam urat yang tertimbung di dalam sendi menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Arthritis Infeksi

Seperti namanya, radang sendi ini disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri atau jamur yang masuk ke dalam sendi dan menyebabkan pembengkakan. Beberapa jenis penyakit menular juga bisa menyebabkan radang pada sendi.

Bagaimana mengobati Arthritis?

Studi tentang Arthritis masih berlangsung termasuk menemukan moda pengobatan yang efektif untuk penyakit ini. Saat ini, studi fokus terhadap bagaimana cara menghentikan progersifitas dari penyakit ini dan membentuk kembali tulang rawan yang mengalami kerusakan.

Studi juga mencari biomarkers Arthritis sehingga bisa dilakukan pencegahan terhadap mereka yang secara genetik berisiko mengalami Arthritis.

Lalu bagaimana mengobati Arthritis secara alami?

Untuk penderita Arthritis, pilihan utama dalam pengobatan adalah menggunakan obat obatan medis untuk mengurangi proses peradangan dan nyeri serta mencegah kerusakan lebih lanjut dari sendi.

Ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan Arthritis dengan cara alami. Pilihan tersebut antara lain:

Menurunkan berat badan

Bila penderita mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan maka penurunan berat badan bisa membantu mengurangi beban pada sendi terutama sendi panggul dan lutut.

Terapi panas dingin

Kompres panas dan dingin pada sendi secara bergantian dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan meningkatkan mobilitas.

Pemijatan

Arthritis bisa dijadikan alasan untuk ke spa. Pemijatan yang rutin pada sendi dapat membantu mengurangi rasa kaku dan sakit. Mintalah terapis spa untuk menggunakan teknik yang pas untuk sendi yang meradang.

Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang bertindak sebagai antioksidan dan antiradang alami. Kunyit sangat bagus untuk melawan peradangan pada sendi dari dalam tubuh.

Jahe

Selain kunyit, jahe juga memiliki khasiat untuk antiradang yang dapat mengurangi inflamasi pada sendi.

Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang berperanan pada lebih dari 300 respon biomekanis dalam tubuh termasuk mengurangi kekakuan dan nyeri pada sendi. Magnesium juga dapat mencegah pengeroposan tulang.

Asam lemak omega 3

Asam lemak ini membantu mengurangi proses inflamasi termasuk inflamasi pada sendi.

Capsaicin

Zat yang terdapat pada cabe merah ini bermanfaat untuk menghambat sinyal rasa sakit dari sendi ke otak.

Sebagai catatan, alangkah baiknya terlebih dahulu tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih menggunakan cara cara alami tersebut dalam mengurangi keluhan Arthritis.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.