Tips Mengecilkan Perut Buncit

tips pasutri

tips pasutri

perut buncit

Perut buncit merupakan masalah bagi kita semua. Tidak hanya merusak penampilan, perut buncit juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa penyakit berbahaya berpotensi menghampiri mereka yang perutnya buncit. Penyakit penyakit itu antara lain penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Perut buncit terjadi karena tubuh menimbun lemak di dalam rongga perut sebagai hasil dari kelebihan asupan kalori. Timbunan lemak yang mengisi rongga perut ini disamping membuat rongga perut membesar juga mengalami metabolisme tertentu sehingga berbahaya bagi tubuh. Semakin banyak kalori yang tidak termanfaatkan oleh tubuh maka akan semakin berjibun timbunan lemak yang ada di dalam rongga perut.

Uniknya, saat tubuh mengalami surplus kalori maka timbunan lemak yang paling cepat meningkat adalah lemak perut sedangkan bila ada upaya untuk menurunkan berat badan maka timbunan lemak yang ada di dalam perutlah yang paling awal menyusut.

Lalu, bagaimana caranya mengecilkan perut buncit yang aman dan alami?

Yang pertama dilakukan adalah membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam perut. Karena timbunan lemak yang ada di rongga perut terjadi karena adanya kelebihan atau surplus kalori maka mengurangi asupan kalori akan otomatis menurunkan pembentukan lemak ini. Bila masuknya kalori lebih kecil daripada pemanfaatannya oleh tubuh maka timbunan lemak yang ada di rongga perut pun akan dibakar oleh tubuh. Kondisi ini secara perlahan akan mengecilkan perut yang buncit.

Bagaimana cara mengurangi asupan kalori? Dengan mengatur ulang porsi makan. Usahakan dalam satu piring makanan, sayur dan buah menempati porsi yang paling besar, sedangkan nasi dan lemak porsinya paling sedikit. Lakukanlah hal ini dengan disiplin dan niat yang kuat.

Setelah mengatur asupan kalori, hal kedua yang dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan berolahraga. Tentu saja olahraga disini adalah olahraga erobik yang menguras keringat. Olahraga erobik misalnya jogging, jalan cepat, berenang, bersepeda, mendaki gunung, naik turun tangga, dan lain lain.

Olahraga akan mempercepat proses pembakaran timbunan lemak yang ada di dalam rongga perut.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.