6 Alasan Mengapa Anda Sering Kehausan

tips pasutri

tips pasutri

haus

Cuaca panas, keringat bercucuran yang berujung pada rasa haus. Ini merupakan mekanisme normal tubuh saat kehilangan cairan dalam jumlah yang besar. Namun bila rasa haus muncul tanpa sebab yang jelas maka kondisi ini patut dicurigai sebagai suatu masalah kesehatan.

Selama anda minum yang cukup sepanjang hari dan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi maka anda tidak akan mengalami rasa haus yang berlebihan. Masalah kesehatan, baik yang ringan maupun berat baru bisa dicurigai bila rasa haus berlebihan terjadi saat kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi.

Berikut hal hal yang bisa memicu rasa haus yang berlebihan:

Tidak cukup minum air, sehingga anda dehidrasi

Alasan utama orang kehausan adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Ada yang merekomendasikan minum 8 gelas air setiap hari, tapi saat ini rekomendasi yang dipakai adalah kebutuhan cairan tubuh disesuaikan dengan suhu sekitar dan aktivitas fisik yang dilakukan. Kebutuhan air setiap orang pun bervariasi sehingga ada yang merasa sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya padahal sejatinya belum.

Kebutuhan cairan akan meningkat saat melakukan aktivitas yang berat pada suhu panas. Demikian juga saat menderita diare dan muntah muntah, kebutuhan cairan akan meningkat untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar bersama diare dan muntahan.

Segala hal yang menyebabkan dehidrasi ringan ini perlu segera diatasi dengan cara minum air.

Mengonsumsi terlalu banyak garam

Mengonsumsi makanan yang tinggi kadar garamnya akan membuat orang kehausan. Dalam kondisi normal, tubuh akan selalu menjaga keseimbangan cairan yang beredar di dalam tubuh. Bila terlalu banyak garam yang masuk maka tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengencerkan darah yang terlalu kental oleh garam. Disamping kehausan, saat mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam, perut juga terasa kembung karena tubuh berusaha mempertahankan sisa air yang ada di dalam tubuh.

Minum obat obatan yang menyebabkan mulut kering

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan efek samping berupa mulut kering. Obat obatan yang efek sampingnya dapat menyebabkan mulut kering antara lain Dramamine (obat untuk mabuk perjalanan) dan antihistamin (obat untuk gejala alergi). Bila anda mengonsumsi obat obatan jenis ini dan mulut terasa kering, cobalah untuk minum yang banyak.

Menderita diabetes

Diabetes menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam memecah dan menyimpan gula secara optimal. Kondisi ini menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat demikian juga dalam urine. Yang dilakukan tubuh untuk membuang kelebihan gula ini adalah dengan cara kencing yang lebih sering. Bila frekuensi kencing meningkat tentu saja akan berimbas pada peningkatan rasa haus. Sering kencing dan sering haus ini merupakan gejala khas dari penyakit diabetes, bila anda mengalaminya, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Menderita penyakit autoimmun

Sjogren’s syndrome adalah penyakit autoimmun yang menyebabkan gangguan pada lapisan mukus tubuh. Gejala utama dari penyakit ini adalah mata kering dan mulut kering yang menyebabkan rasa haus meningkat. Penderita Sjogren’s syndrome mengalami penurunan produksi air liur sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menelan makanan.

Menderita diabetes insipidus

Meskipun bernama diabetes, kondisi ini tidaklah sama dengan penyakit diabetes. Diabetes insipidus adalah kondisi yang jarang terjadi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada metabolisme garam dan air sehingga penderitanya mengalami kehausan yang berlebihan. Penderita diabetes insipidus akan sering kencing dan mengalami rasa haus yang berlebihan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.