Apakah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?

rematik

Mandi malam dapat menyebabkan rematik adalah mitos di bidang kesehatan yang paling beken dan seakan tidak ada ujungnya. Mitosnya tetap memperoleh tempat di kalangan awam karena umumnya disampaikan secara turun temurun dari orang tua ke anaknya. Jamak di masyarakat, apa yang disampaikan oleh orang tua adalah sesuatu yang benar termasuk mitos ini.

Sebelum menjawab kebenaran mitos ini, kita bahas dikit tentang radang sendi rematik.

Radang sendi rematik atau rheumatoid arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan tubuh atau autoimmun. Sebagaimana kita ketahui, sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang melindungi tubuh dari serangan bakteri atau kuman yang berasal dari luar tubuh. Dalam melindungi tubuh, sistem kekebalan tubuh bereaksi saat ada kuman yang masuk tubuh. Reaksi ini bisa berupa radang, gatal, batuk dan lain lain.

Nah, pada radang sendi rematik, sistem kekebalan tubuh ini mengalami gangguan sehingga yang diserang bukan kuman yang masuk tubuh tetapi organ tubuh sendiri, dalam hal ini sendi. Penyebab mengapa sistem kekebalan tubuh bisa mengalami gangguan ini masih belum diketahui sehingga gangguan ini sulit untuk dicegah.

Nah, setelah tahu penyebab radang sendi rematik, pasti sangat mudah untuk menjawab pertanyaan apakah mandi malam dapat menyebabkan radang sendi rematik? Silakan dijawab sendiri.

Catatan, pada mereka yang sudah menderita rematik, sendi menjadi sangat sensitif dengan suhu dingin sehingga apa apa saja yang menyebabkan sendi kedinginan akan menyebabkan keluhan bertambah parah. Mandi malam biasanya sendi kedinginan dan menyebabkan keluhan rematik menjadi tambah menjadi. Solusinya, bila terpaksa mandi malam, cobalah mandi dengan air hangat.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman