5 Kunci Kebiasaan Makan Yang Sehat

tips pasutri

tips pasutri

makan sehat

Kebiasaan makan kebanyakan dibentuk saat masa kanak kanak. Namun bukan berarti saat dewasa kita tidak bisa mengubah kebiasaan makan dari kebiasaan makan yang buruk ke kebiasaan makan yang lebih sehat.

Mengubah pola dan kebiasaan makan ke arah yang lebih sehat bisa dimulai dari hal hal yang sederhana. Berikut 5 kunci kebiasaan makan yang sehat yang bisa dipakai pedoman untuk mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat selama ini.

Sarapan

Menurut para ahli, kebiasaan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan selalu dalam kondisi sehat dengan cara mengurangi keinginan ngemil sebelum makan siang. Menutup puasa malam hari dengan sarapan yang sehat sangat membantu menekan keinginan mengonsumsi makanan yang tidak sehat sepanjang hari.

Pilihlah makanan yang kaya dengan protein dan serat saat sarapan. Jenis makanan tersebut antara lain gandum utuh, produk olahan susu, buah buahan dan sayuran.

Minum air

Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Air menyumbang 60% dari total berat badan manusia dan setiap sistem yang ada di dalam tubuh memerlukan air agar dapat berfungsi optimal.

Kebutuhan cairan manusia sangat tergantung dari beberapa faktor antara lain kondisi kesehatan orang yang bersangkutan, lingkungan, aktivitas yang dilakukan dan faktor kehamilan atau menyusui.

Kadang agak sulit membedakan antara rasa haus dengan rasa lapar. Orang merasa lapar padahal sejatinya dia hanya kehausan. Cobalah untuk meminum segelas air saat dihampiri rasa lapar. Bila setelah minum air, perut terasa kenyang berarti yang dirasakan sebelumnya bukan rasa lapar melainkan rasa haus. Kebiasaan ini bisa mencegah kita mengonsumsi makanan berkalori yang tidak perlu.

Pahami makanan yang akan masuk perut

Makanlah makanan yang kandungannya betul betul dipahami dan bisa diidentifikasi. Mengonsumsi makanan yang kita ketahui kandungannya dapat mencegah masuknya makanan olahan jadi yang tidak sehat ke dalam perut.

Makanan alami yang bisa dipilih antara lain buah buahan, sayuran, gandum utuh, sumber protein rendah lemak dan makanan berlemak yang sehat. Meskipun jenis makanan ini kandungan gizinya sangat tinggi, tetap harus diperhatikan porsi makanan tersebut yang masuk perut. Sebab, makanan makanan tersebut juga mengandung kalori yang bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Bijaksanalah dalam memilih restoran

Tidak sedikit restoran yang menyediakan menu dalam porsi besar dengan kandungan garam dan lemak yang tinggi. Pilihlah menu makanan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan tergoda mengonsumsi makanan yang tidak kita ketahui jenis dan kandungannya.

Mintalah pelayan untuk memasak makanan sesuasi dengan keinginan kita. Misalnya dipanggang, dibakar, direbus atau lainnya.

Belajarlah makan dengan perasaan

Rasakan dan nikmati apa yang anda makan. Dengan menikmati dan mengonsumsi makanan menggunakan perasaan maka anda akan cepat merasa kenyang. Bila perut cepat kenyang maka masuknya kalori yang berlebihan ke dalam perut bisa dicegah.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.