3 Jenis Olahraga Yang Bikin Panjang Umur

tennis

Sedang mencari hobi yang baru? Cobalah olahraga tenis, renang dan menari, sebab menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Sport Medicine, ketiga jenis olahraga tersebut bermanfaat sebagai obat panjang umur.

Analisis yang dilakukan terhadap enam jenis olahraga, peneliti memperoleh kesimpulan, orang yang gemar berolahraga tenis, renang dan menari memiliki usia yang lebih panjang bila dibandingkan dengan mereka yang berolahraga dengan cara yang lain.

Studi dilakukan terhadap 80.000 orang dewasa di Inggris dan Skotlandia, yang berusia diatas 30 tahun. Mereka ditanya tentang aktivitas fisik yang dilakuan selama empat minggu terakhir. Selain aktivitas fisik berupa pekerjaan rumah dan berjalan, mereka juga ditanya tentang olahraga raket (seperti bulutangkis, tenis dan squash), berenang, erobik (termasuk menari dan gimnastik), bersepeda, berlari dan jogging, sepakbola dan rugbi.

Setelah diikuti selama sembilan tahun, 8.790 orang diantara sampel studi meninggal dunia. 1.909 meninggal dunia karena penyakit jantung dan stroke. Setelah peneliti membandingkan angka kematian obyek penelitian dengan perbedaan jenis olahraga yang dilakukan, para peneliti ini menemukan sesuatu yang menarik.

Untuk olahraga yang menggunakan raket, orang yang melakukan olahraga raket selama empat minggu terakhir memiliki risiko kematian 47% lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga menggunakan raket. Khusus untuk kematian akibat penyakit jantung dan stroke, mereka yang berolahraga menggunakan raket memiliki angka kematian 56% lebih rendah.

Untuk olahraga renang dan erobik, orang yang melakukan kedua aktivitas ini juga memiliki angka kematian yang lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis olahraga yang lain.

Penurunan risiko kematian selanjutnya adalah mereka yang melakukan aktivitas fisik berupa bersepeda dan berlari atau jogging.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *