8 Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Herpes

herpes bibir

Virus herpes sudah sejak lama diketahui oleh dunia kedokteran, tapi sampai saat ini beberapa hal tentang virus herpes masih menjadi misteri dan menimbulkan rasa penasaran. Misteri ini tentu saja dapat menyebabkan berkembangnya mitos tentang virus herpes yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berikut 8 hal yang wajib diketahui tentang virus herpes:

Virus herpes merupakan infeksi yang sangat umum.

Yap, herpes terutama herpes genetalia/kelamin merupakan infeksi menular seksual yang sangat umum terjadi di seluruh dunia. WHO mencatat, dua per tiga penduduk dunia pernah menderita salah satu dari beberapa jenis infeksi virus herpes. Satu dari 6 penduduk dunia merupakan penderita herpes kelamin, dan 80% diantaranya tidak mengetahui dirinya terinfeksi.

Infeksi herpes tidak selalu bergejala

Tidak sedikit pria maupun wanita tidak menyadari dirinya terkena herpes karena penyakit ini tidak selalu menimbulkan gejala. Pada tahap awal terinfeksi, penderita hanya merasakan gejala flu seperti demam, sakit kepala, nyeri persendian dan pembengkakan kelenjar. Gejala lainnya berupa nyeri pinggang, keluar cairan pada vagina dan rasa panas saat kencing.

Kehamilan bisa menyebabkan kekambuhan

Kekambuhan pada penderita herpes kerap terjadi saat hamil. Bila hal ini terjadi maka sebaiknya segera konsul ke dokter kandungan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat obatan.

Hindari perawatan wajah saat herpes kambuh

Hindari perawatan wajah seperti facial, peeling, waxing saat herpes pada wajah sedang kambuh. Perawatan wajah yang dilakukan saat herpes kambuh akan menyebabkan gelembung gelembung herpes menyebar ke seluruh wajah (biasanya hanya terpusat pada bibir).

Saat kambuh, herpes sangat menular

Gelembung gelembung berair yang muncul pada penderita herpes mengandung virus herpes dalam jumlah yang banyak. Itu sebabnya, pada saat kambuh, virus herpes sangat menular bahkan saat gelembung berair baru tumbuh satu. Penularan baru berkurang saat fase penyembuhan dan keadaan ini kadang membutuhkan waktu beberapa minggu.

Virus herpes tidak bisa menular ke hewan peliharaan

Hewan peliharaan terutama anjing bisa kena herpes, meskipun virus yang dapat menginfeksi anjing berbeda strain dengan yang bisa menginfeksi manusia. Jadi, manusia tidak bisa menularkan herpes ke anjing, demikian pula sebaliknya.

Terinfeksi herpes bukan akhir segalanya

Gejala herpes, baik herpes kelamin maupun herpes bibir merupakan gejala yang bisa dikendalikan. Meskipun herpes belum bisa disembuhkan, tapi gejala yang muncul bisa diobati agar tidak parah.

Herpes tidak selalu kambuh

Pada beberapa penderita, herpes memang bisa kambuh kambuhan tapi tidak semua penderita mengalami hal yang sama. Herpes sering kambuh biasanya pada tahun tahun pertama terinfeksi. Herpes juga kerap kambuh pada penderita yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...