Merokok Meningkatkan Risiko Serangan Jantung Sampai 8 Kali Lipat

tips pasutri

tips pasutri

stop merokok

For young adults who smoke, the risk of a major heart attack is 8 times higher than for their peers who never smoked or who gave it up, a UK study found.

Untuk mereka yang dewasa pun, merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung beberapa kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, demikian peneliti dalam studi ini menambahkan.

Saat ini banyak yang meremehkan risiko kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan merokok, demikian menurut Dr. Eve Grech, dari South Yorkshire Cardiothoracic Center, Northern General Hospital in Sheffield, peneliti senior yang terlibat dalam studi ini.

“Beberapa pasien memang menyadari beberapa risiko yang bisa terjadi bila dia merokok termasuk serangan jantung, tapi mereka tidak mengetahui bahwa risiko itu ternyata lebih tinggi daripada yang mereka duga selama ini,” Grech menambahkan.

Baca juga: Cara Sederhana Berhenti Merokok

Merokok memang berhubungan erat dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler, bahkan hubungan ini telah diketahui sejak tahun 1950an. Namun pada beberapa kasus serangan jantung usia muda, masih jarang studi yang mendukung bahwa serangan jantung tersebut berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Studi kali ini, peneliti mengambil data orang muda yang berusia diatas 18 tahun di Yorkshire, Inggris, dari tahun 2009 sampai 2012. Dari total sampel yang diteliti, termasuk 1.727 orang saat itu menjalani pengobatan STEMI, jenis serangan jantung yang terjadi akibat sumbatan pada pembuluh arteri utama jantung. Sekitar 49% pasien STEMI merupakan perokok, 27% mantan perokok dan 24% bukan perokok.

Dengan membandingkan data populasi di daerah Yorkshire Selatan, peneliti mendapatkan hasil perhitungan, dari 100.000 orang, 60 orang perokok yang berusia dibawah 50 tahun, mengalami serangan jantung setiap tahun, dibandingkan dengan 7 orang bukan perokok dan mantan perokok pada rentang usia yang sama.

Dari data tersebut dapat disimpulkan, risiko perokok muda menderita serangan jantung, delapan kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.