Makan Malam Bikin Gemuk. Benarkah Itu?

tips pasutri

tips pasutri

makan malam

Ada banyak mitos yang berkembang tentang kebiasaan makan malam yang katanya membuat berat badan bertambah alias gemuk. Alasannya, saat malam hari tubuh tidak bergerak sehingga kebutuhan kalori juga tidak banyak. Apabila seseorang makan di malam hari maka kalori yang masuk tidak terbakar dengan baik dan kelebihannya ditimbun oleh tubuh berupa lemak.

Mitos ini tidak sepenuhnya benar dan tidak juga salah. Memang benar, di malam hari, kebutuhan kalori tubuh menurun seiring dengan menurunnya aktivitas fisik. Namun bukan berarti tidak ada aktivitas sama sekali loh. Otot otot pernafasan tetap bergerak demikian juga dengan otot otot jantung dan saluran pencernaan serta tentu saja otak tetap harus bekerja demi mengatur seluruh fungsi tubuh saat tidur.

Jadi, walau pada malam hari tubuh manusia sebagian besar waktunya terlelap dalam tidur, tubuh tetap membutuhkan asupan kalori meskipun jumlahnya sedikit.

Oleh karena itu, makan malam sebagai salah satu cara tubuh mendapatkan kalori di malam hari masih sangat dibutuhkan, tapi tentu saja porsi dan jenis makanannya harus diatur mengingat kebutuhan kalori yang sedikit di malam hari.

Lalu apakah makan malam menyebabkan kegemukan?

Selama jumlah kalori yang masuk disesuaikan dengan kebutuhan tubuh di malam hari maka tidak akan terjadi kelebihan kalori yang akan ditimbun tubuh dalam bentuk lemak. Yang penting disini adalah kita harus bisa mengatur dengan baik porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi di malam hari.

Semoga bermanfaat.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.