Internet Satelit Untuk Bisnis di Daerah

tips pasutri

tips pasutri

Bila anda adalah pemilik bisnis di daerah terpencil; di pedalaman Papua, atau di pulau Taliabu misalnya. Mungkin anda sudah merasakan salah satu kendala besar dalam mengembangkan bisnis anda ; tidak adanya koneksi internet. Masalahnya, internet ini telah terbukti sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis. Tidak hanya itu, sebagai jalur komunikasipun internet sangat diperlukan, atau sekedar sebagai hiburan.

Kegunaan Internet Untuk Bisnis

Sudah seharusnya anda mengerti, kenapa anda wajib punya koneksi internet di perusahaan anda. Disini saya coba jelaskan kembali. Berikut adalah beberapa kegunaan internet yang penting untuk bisnis anda :

1. Bisnis 24 Jam

Siapa yang tau kapan pelanggan kita akan datang di website kita? Apakah anda tau kapan kira-kira calon pembeli akan mencari jasa / produk anda di internet? Pasti tidak. Dengan memiliki koneksi internet, anda dapat mengantisipasi permintaan dari pelanggan 24 jam.

Ketika anda memiliki sebuah website dengan katalog produk, tentunya calon pelanggan dengan mudah dapat mengunjungi website anda. Lalu mereka bisa browsing barang / jasa apa saja yang anda tawarkan. Bila cocok, calon pelanggan bisa langsung menjadi pembeli.

Begitu juga dengan online marketing, anda dapat terus menawarkan produk anda selama 24 jam kepada calon-calon pembeli. Dengan gambar, video, atau sekedar teks. Ketika seorang calon pembeli mencari informasi tentang “mobil” di Google, advertising anda dapat dengan mudah muncul sebagai hasil teratas dengan digital advertising.

Kalau anda tidak memiliki website untuk bisnis anda, sebaiknya anda mulai membuatnya sekarang. Bayangkan kalau seandainya ada calon pelanggan yang mulai mencari pada jam 22.00 malam. Sedangkan anda tidak punya website sama sekali dan jam kerja kantor anda 09.00 -17.00. Anda akan kehilangan banyak sekali kesempatan. Tapi pertama-tama langganan dulu koneksi internet.

2. Membuka Pasar Baru

Anda tadinya jualan hanya di sekitar daerah anda. Tapi dengan internet, anda dapat menjual produk anda ke seluruh Indonesia! Bahkan mungkin dunia. Calon pembeli produk anda tadinya hanya 100.000 orang, sesuai dengan penduduk disekitar daerah anda. Dengan menjual barang anda di internet anda dapat menembus 80.000.000 calon pembeli diseluruh Indonesia. Bahkan meningkat setiap tahunnya tergantung dari pertumbuhan pengguna internet di Indonesia (Berdasarkan research We Are Social, angka ini sangat pesat lho).

3. Dokumen-Dokumen Perusahaan Yang Terintegrasi

Biasanya pembukuan, status pemesanan vendor, status pekerjaan, inventori yang dimiliki, daftar aset, semuanya berantakan dan tidak tersusun dengan rapi. Ketika informasinya ingin dicari, sangat sulit untuk menemukan dokumen-dokumen ini. Dengan menggunakan internet, anda dapat menyusun dan mencari dokumen-dokumen perusahaan dengan mudah. Contohnya anda dapat menggunakan Google Sheet atau Google Drive. Dokumen anda akan tersusun rapih, mudah diakses, dan terutama otomatis backup data.

4. Kredibilitas

Sudah cukup lama internet merupakan sumber informasi yang paling digemari oleh orang. Ketika perlu tau sesuatu, pasti orang-orang tanya ke mbah Google. Lalu bagaimana ini bisa bagus untuk bisnis? Ketika seseorang ingin membeli produk anda, kemungkinan besar dia akan mencari hal-hal tentang produk atau perusahaan anda di Internet.

Sehingga, bila anda berikan informasi tersebut di dalam website anda, maka akan terlihat bahwa bisnis anda bukanlah sekedar penipuan dan dapat dipercaya. Beberapa hal lainnya yang dapat anda manfaatkan untuk menaikkan kredibilitas adalah sosial media seperti Facebook & Instagram. Khusus untuk restaurant, maka dapat memanfaatkan Zomato. Kalau hotel biasanya di Tripadvisor atau Agoda.

5. Alat Telekomunikasi Internal dan External

Ketika bisnis anda berkembang, anda kemungkinan perlu menyewa Freelancer, vendor-vendor baru, atau merekrut karyawan baru. Dengan internet, semua jenis telekomunikasi dapat anda peroleh dengan murah. Sehingga komunikasi internet pada perusahaan anda menjadi lebih efektif dan efisien. Anda bisa menggunakan Email, WhatsApp, Line, Facebok Messenger, atau apapun yang anda sukai. Daripada menggunakan pulsa telepon setiap hari, anda bisa kehabisan modal bisnis untuk bayar telepon.

6. Market Research

Jualan di internet berarti anda dapat melakukan riset pasar. Apakah pasar menyukai produk yang anda jual? Adakah keluhan-keluhan pelanggan? Apalagi yang bisa anda perbaiki pada produk anda? Siapa saja kompetitor anda sebenarnya? Banyak sekali. Untuk itu anda bisa melakukan riset keyword, analisis sentimen sosial media, analisis kompetitor, Mengumpulkan data dari organisasi atau badan pemerintah dan lain-lain. Ya, ini akan sangat berguna untuk bisnis anda.

Baik setelah saya coba jelaskan, saya berharap anda mengerti betapa pentingnya koneksi internet bagi perkembangan sebuah bisnis. Lalu bagaimana anda dapat memperoleh koneksi internet di daerah terpencil, pedalaman, kepulauan, atau yang intinya daerah yang terisolasi? Internet satelit jawabannya.

Apa itu internet satelit?

Simplenya, internet satelit itu adalah sebuah jaringan koneksi internet yang menggunakan satelit sebagai jalur pengiriman data. Kalau internet di kota-kota besar menggunakan fiber optik atau kabel, maka orang-orang di daerah banyak yang memanfaat kan internet satelit. Kenapa?

Karena internet satelit tidak perlu narik-narik kabel sampai ke daerah. Ribet. Untuk menggunakan internet satelit, cukup anda beli atau sewa perangkat dari provider. Nama perangkatnya VSAT. Tinggal di konfigurasi kurang lebih 1 jam, voila anda bisa internetan. Jangkauan internet satelit ini luas, bisa seluas sebuah negara bahkan sebuah benua.

Internet Satelit vs Fiber Optik

Lebih cepat dari fiber optik? Pastinya tidak. Jauh lebih lelet. Tapi masih oke untuk nonton Youtube. Apalagi kalau cuma email, chat messenger dan baca berita. Masih oke banget.

Lebih murah dari fiber optik? Tidak juga. Jauh lebih mahal.

Jadi Internet satelit itu, lebih lelet tapi lebih mahal? Yes. Karena belum banyak yang menggunakan internet satelit, jadi harganya tidak bisa semurah fiber optik. Yang kedua, harga menyewa transponder satelit sendiri sudah sangat mahal. Alokasi bandwidth pada transponder satelit itu sangat terbatas, oleh karena itu harganya mahal sekali.

Kesimpulannya memang internet satelit memang tergolong mahal, namun esensial. Terutama di negara kepulauan seperti Indonesia, dimana fiber optik tidak mungkin menjangkau semuanya.

Kalau memang anda tertarik mengenai internet satelit, silahkan anda bisa cek Qilat.id. Qilat adalah satu startup Indonesia yang bergerak dalam bidang telekomunikasi satelit. Semoga bermanfaat untuk anda, salam.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.