Bolehkah ASI Dibarengi Dengan Susu Formula?

tips pasutri

tips pasutri

menyusui

Anda bertanya:

Saya baru melahirkan putra pertama saya 5hari lalu..
Karena produksi asi saya tidak sebanyak ibu beruntung yg lain, maka saya tambahkan dengan sufor…

Saya menjawab:

Demikian cuplikan salah satu ibu yang konsultasi dengan saya tadi pagi. Ibu tersebut terpaksa memberikan bayinya air susu ibu yang dikombinasikan dengan susu formula karena si ibu merasa produksi ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan bayinya.

Tapi, benarkah tindakan ibu itu?

Memberikan susu formula dengan maksud menambah asupan susu pada bayi hanya akan menambah masalah pada produksi ASI. Semakin sering bayi diberikan susu formula melalui dot maka akan semakin jarang dia menyusui, akibatnya produksi ASI akan semakin menurun.

Sebagaimana diketahui, produksi ASI sangat dipengaruhi oleh kontak antara puting susu dan pertemuan pandangan mata antara ibu dan bayi. Kontak yang sangat sulit dijelaskan ini merupakan rangsangan yang sangat penting untuk produksi ASI. Bila kontak ini makin jarang terjadi maka produksi ASI juga akan makin menurun.

Ditambah lagi bila menyusui dengan dot, bayi merasa lebih mudah menghisap susu dan bila dikembalikan ke puting payudara maka si bayi akan kesulitan dan menolaknya. Lama lama bayi tidak mau lagi menyusui melalui puting payudara dan lebih memilih menyusui lewat dot.

Kesimpulannya, jangan mengombinasikan pemberian susu antara ASI dengan susu formula sebab efeknya terhadap produksi ASI menjadi buruk.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *