Bisakah Alergi Ikan Disembuhkan?

alergi ikan

Anda bertanya:

saya alergi ikan dok, bisa ga ya dok alergi disembuhkan?

Saya menjawab:

Hari ini adalah Hari Ikan Nasional dan diharapkan seluruh rakyat Indonesia gemar makan ikan sebagai sumber protein alternatif pengganti daging. Mengapa kita perlu mencari alternatif pengganti daging? Karena harga daging yang makin tinggi dan tidak stabil sedangkan sumber saya ikan Indonesia yang masih belum termanfaatkan secara maksimal.

Masalah muncul bila kita mengalami alergi protein pada ikan. Bagaimana solusinya? Apakah alergi protein ikan bisa disembuhkan?

Sampai saat ini satu satunya cara terbaik untuk mencegah timbulnya alergi adalah menghindari pencetus alerginya. Misalnya seseorang yang alergi telur maka sebaiknya orang tersebut menghindari makan telur demikian juga bila menderita alergi ikan, sebaiknya tidak mengonsumsi ikan.

Lalu apakah kondisi ini bisa disembuhkan? Alergi belum bisa disembuhkan hanya bisa dikendalikan kekambuhannya dengan menghindari pencetus alerginya. Memang sih ada yang namanya immunoterapi untuk pengobatan alergi, tapi hasilnya juga tidak maksimal disamping biaya pengobatannya yang mahal.

Perlu diingat, tidak sedikit orang yang alergi makanan tidak mengetahui protein spesifik yang menyebabkan alergi sehingga melakukan diet pantangan yang terlalu ekstrim. Diet makanan yang terlalu ekstrim terutama pada anak anak bisa berbahaya sebab zat zat gizi yang diperlukan tubuh tidak bisa dipenuhi dengan baik sehingga tubuh berisiko mengalami malnutrisi.

Oleh karena itu, bila menderita alergi sebaiknya memeriksakan diri dahulu ke dokter, cari tahu secara spesifik pencetus alerginya agar bisa dihindari.

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

loading...