Ini Penyebab Uban Tumbuh Di Usia Muda

rambut uban

Salah satu ciri orang yang sudah menginjak usia lanjut adalah berubahnya warna rambut dari hitam menjadi putih atau lebih dikenal dengan istilah uban. Lalu bagaimana jika uban muncul di usia muda?

Tumbuhnya uban di usia muda memang bisa menganggu penampilan seseorang baik pria maupun wanita. Beberapa diantaranya berusaha menutupi uban yang tumbuh dengan cara mewarnai rambut. Tidak sedikit pula yang membiarkan begitu saja uban yang tumbuh.

Lalu, apa sih yang menyebabkan uban tumbuh di usia yang sangat muda?

Stress

Memuat...

Meskipun hubungan antara stress dengan tumbuhnya uban masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli, studi dari Universitas New York tahun 2013 menunjukan bahwa memang ada hubungan antara stress dengan tumbuhnya uban. Studi yang dipublikasikan dalam Nature Medicine ini menyebutkan, stress menyebabkan gangguan pada pembentukan sel punca pada akar rambut sehingga merangsang tumbuhnya uban.

Penyakit Tertentu

Pada beberapa kasus penyakit tiroid atau kelanjar pituitary, uban bisa tumbuh di usia muda. Penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh (autoimmune) yang menyerang kulit dan rambut (alopecia atau vitiligo) juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban.

Kekurangan Vitamin

Kekurangan Vitamin B12 juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut. Kekurangan Vitamin B12 terutama terjadi pada mereka yang menerapkan pola hidup vegetarian sebab vitamin ini banyak bersumber dari hewan. Selain itu, kekurangan Vitamin B12 juga dialami oleh mereka yang mengonsumsi pil KB atau menderita masalah pencernaan.

Merokok

Merokok merupakan salah satu pola hidup yang buruk yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan rambut. Beberapa studi menunjukan hubungan antara tumbuhnya uban sebelum usia 30 tahun dengan kebiasaan merokok. Jadi, bila anda merokok, selain anda mendapati kulit yang keriput juga rambut yang ubanan.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *