Nutrisi Untuk Ringankan Keluhan Haid

motorqq
win228

Siklus haid tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seorang wanita di usia produktif. Sayangnya, tidak semua wanita bisa melalui siklus haid tanpa mengalami keluhan. Meskipun keluhan yang dialami wanita saat haid ini sangat bervariasi, tapi bagaimanapun kondisi ini bisa menganggu produktivitas seorang wanita. Kumpulan keluhan saat haid ini dalam istilah medis dikenal dengan nama premenstrual syndrome atau PMS.

Untuk mengatasi keluhan PMS, dokter biasanya menganjurkan pasien PMS dengan minum pil KB. Namun, pil hormonal ini juga tidak banyak membantu mengatasi keluhan yang dialami seorang wanita saat haid.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan PMS diantaranya dengan kompres hangat pada perut bagian bawah, mandi air hangat dan lain lain. Dan salah satu yang bisa dicoba adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi tertentu. Lebih bagus lagi bila nutrisi ini bisa diperoleh dari konsumsi makanan sehari hari.

Memuat...

Berikut beberapa nutrisi yang bila dikonsumsi dapat mengurangi keluhan PMS:

Magnesium

Sesaat sebelum haid, kadar magnesium tubuh mengalami penurunan. Kondisi ini menyebabkan perubahan pada mood dan aktivitas otak, dikarenakan magnesium membantu mengantur neurotransmitter serotonin di otak yang memberikan rasa nyaman. Magnesium juga penting untuk membantu menyeimbangkan kadar kalsium dan kalium dalam tubuh sehingga bisa mengatasi keluhan yang terjadi akibat ketidakseimbangan mineral tersebut.

Magnesium sendiri bisa didapatkan dari sayuran hijau dan cokelat. Nah, cokelat bisa menjadi pilihan makanan saat haid.

Serat

Serat penting untuk melancarkan pergerakan sistem pencernaan dan juga bermanfaat saat seorang wanita mengalami fase menstruasi. Mengonsumsi makanan yang kaya dengan serat membantu mengatasi perut kembung yang kerap dialami oleh wanita yang sedang haid.

Kalsium

Beberapa studi menyebutkan, kalsium memiliki peranan penting dalam mengurangi gejala PMS. Salah satu dari studi itu menyebutkan, wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium setiap hari dalam tiga bulan memiliki keluhan gangguan mood dan kelelahan yang lebih ringan bila dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi suplemen kalsium.

Kalsium bisa diperoleh dari sayuran hijau, keju dan susu serta susu almond.

Omega 3s

Asam lemak sangat vital untuk kesehatan sistem reproduksi karena asam lemak membantu membentuk hormon reproduksi. Salah satu asam lemak yang sangat penting untuk mengurangi keluhan saat haid adalah Omega 3s.

Sumber Omega 3s bisa didapatkan dari ikan.

Vitamin B6

Vitamin B juga berperanan penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan salah satu golongan vitamin B yang berguna ini adalah Vitamin B6. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam BMJ menyebutkan, konsumsi Vitamin B6 dapat mengurangi keluhan saat PMS.

Vitamin B6 bisa didapatkan dari kacang kacangan, pisang, unggas, alpukat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *