Inilah Beberapa Manfaat Lain Dari Pil KB

tips pasutri

tips pasutri

Sebagai salah satu metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan, pil KB banyak dipilih karena kepraktisannya. Pil KB yang berisi hormon ini juga memiliki angka efektifitas yang cukup tinggi untuk mencegah kehamilan. Bila dikonsumsi dengan benar, pil KB memiliki efektifitas sekitar 99%, dan bila dikonsumsi dengan tidak disiplin pun pil KB masih memiliki angka efektifitas sampai 90%. Selain harganya yang relatif murah, pil KB juga sangat mudah diperoleh dan tentu saja memiliki efek samping yang sangat kecil.

Pil KB bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur saat masa subur atau saat masa ovulasi. Ada beberapa jenis pil KB tapi secara umum pil ini mengandung hormon estrogen dan progestin.

Tapi tahukah anda, selain untuk mencegah kehamilan, pil KB juga memiliki manfaat lain bagi wanita yang mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat tersebut.

Membantu mengurangi rasa sakit saat haid. Karena wanita yang mengonsumsi pil KB tidak melepaskan sel telur saat masa subur maka saat haid, nyeri yang dialami oleh seorang wanita juga akan berkurang.

Mengurangi perdarahan yang berlebihan saat haid. Pil KB membantu mengatur proses perdarahan saat haid sehingga darah yang keluar tidak berlebihan. Berkurangnya perdarahan ini juga dialami oleh penderita sindrome ovarium polikistik (PCOS) yang mengonsumsi pil KB.

Menurunkan risiko kanker endometrium. Wanita yang minum pil KB memiliki lapisan endometrium yang lebih datar sehingga risiko menderita kanker endometrium menjadi rendah.

Menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker ovarium. Selain menurunkan risiko kanker endometrium, wanita yang minum pil KB secara teratur juga akan mengalami penurunkan risiko menderita kanker usus besar dan kanker ovarium.

Menurunkan risiko kista ovarium. Pil KB mencegah terjadinya ovulasi sehingga terbentuknya kista pada ovarium bisa dicegah.

Mengurangi nyeri pada endometriosis. Teraturnya kadar estrogen pada wanita yang minum pil KB akan membantu mengurangi rasa sakit saat haid pada wanita yang menderita endometriosis.

Membantu mencerahkan kulit. Karena hormon pada pil KB menekan kadar hormon kelakian yang mencetuskan jerawat maka wanita yang minum pil KB akan memiliki kulit yang lebih cerah dan bebas jerawat.

Membantu mengurangi keluhan menopause. Hormon yang terdapat pada pil KB membantu mengurangi keluhan pada wanita yang menopause seperti rasa panas dan keringat di malam hari.

Mencegah keluhan migren pada wanita saat haid. Nyeri kepala hebat pada wanita disebabkan oleh turunnya estrogen saat haid dan pil KB membantu mencegah penurunan estrogen yang berlebihan ini.

Demikian beberapa manfaat lain dari pil KB disamping untuk mencegah kehamilan. Namun, sebelum minum pil KB sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.