Ini Dia Jenis Operasi Plastik Yang Lagi Tren

tips pasutri

tips pasutri

Tren operasi plastik bertujuan untuk meningkatkan fitur estetika tubuh dan kecantikan. Tren operasi plastik semakin menjamur ketika industri hiburan Korea Selatan menginvasi dan merebak di tiap wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Salah satu negara dengan angka operasi plastik tinggi, jika dibandingkan dengan negara-negara lain adalah Korea Selatan. Setidaknya 1 di antara 5 wanita di Seoul pernah melakukan praktik operasi plastik untuk alasan estetika. Lebih dari 14,7 juta kegiatan seperti melipat, memencet, mengangkat dan membuang kulit yang dilakukan oleh ahli operasi plastik berlisensi di tahun 2011, menurut studi baru International Society of Aesthetic Plastic Surgery. Statistik juga mengatakan bahwa ada 76% wanita korea dengan rentang usia 20-30 tahun melakukan praktik operasi plastik.

Pada awalnya, dokter bedah plastik menggunakan keahlian mereka untuk menolong korban-korban dan anak-anak yang memiliki kekurangan sejak lahir atau untuk mengobati penyakit kulit dan jaringan-jaringan lunak. Beberapa hasil dari operasi plastik begitu luar biasa, dan tidak lama setelahnya, munculah tren operasi plastik yang secara murni sebagai alasan kecantikan. Kamu bisa menjadikan bentuk bagian tubuh yang kamu inginkan dengan operasi plastik ini.

Artikel ini memaparkan beberapa prosedur operasi plastik popular, termasuk di dalamnya sesuatu yang kamu perlu tahu sebelum memutuskan memilih prosedur operasi plastik tersebut. Bagi kamu yang masih pemula, kamu tidak sendirian kok! Operasi plastik menjadi tren dan semakin diminati. Berikut macam-macam operasi plastik yang perlu kamu simak!

1. Pembesaran Payudara

Prosedur ini dikenal dengan nama augmentasi payudara atau augmentation mammoplasty. Prosedur ini bertujuan untuk membesarkan payudara wanita dengan cara memasukkan implan ke dalam sayatan di bawah payudara dan di dekat ketiak atau aerola. Implan yang digunakan terdiri dari silikon gel atau dengan larutan garam. Pemulihan dari prosedur ini tergolong singkat, biasanya hanya dalam beberapa hari saja.

2. Sedot Lemak

Prosedur ini juga biasa dikenal dengan nama medis liposuction. Dalam prosedur ini timbunan lemak akan dipindah dengan cara memasukkan suntikkan dengan jarum besar ke area target. Kemudian, disedot dengan menggunakan perlatan semacam vacuum tersebut. Prosedur ini umumnya dilaksanakan pada perut, pantat, pinggang, paha, dan lengan atas. Waktu pemulihan pasca operasi adalah antara 1 – 4 minggu.

3. Operasi Hidung atau Nose Job

Prosedur ini dikenal dengan istilah kedokteran rhinoplasty, dan tergolong sebagai tindakan bedah plastik. Tujuannya adalah membentuk tulang hidung sesuai dengan keinginan pasien. Biasanya dokter akan memberikan saran bentuk hidung yang proposional dengan fitur wajah lainnya. Bisa jadi, hidung diubah ke ukuran yang lebih besar atau lebih kecil, mempersempit lubang hidung, atau untuk mengubah sudut antara hidung dan bibir atas. Prosedur ini tidak hanya populer dilakukan kaum wanita, tapi juga pria. Pasien membutuhkan 1 – 3 minggu pasca operasi untuk melihat hasilnya, tetapi pasien dianjurkan menjaga hidung dari benturan apapun. Selain itu, sebaiknya pasien menghindari paparan langsung sinar matahari selama 8 minggu.

4. Operasi Kelopak Mata

Operasi plastik jenis ini dapat membantu pasien yang kelopak mata atasnya layu atau terlihat kendur. Bisa juga untuk mereka yang menginginkan double eyelid. Cara kerjanya adalah memindahkan lemak berlebih, otot, dan kulit. Pasien butuh setidaknya 1 minggu untuk pulih, sangat dianjurkan untuk tidak memakai kontak lensa ketika dalam masa pemulihan.

5. Tummy Tuck

Pada operasi plastik jenis ini, perut akan diratakan selama proses operasi dengan mengangkat timbunan lemak berlebih dan kulit serta mengencangkan otot-otot perut. Butuh 2 – 6 minggu untuk masa pemulihan.

6. Pengencangan Wajah

Dalam prosedur operasi plastik ini, kelebihan lemak pada wajah akan dihilangkan dan otot di bawah kulit wajah dikencangkan. Hasil dari operasi ini adalah menjadikan kulit lebih kencang dibagian wajah dan leher. Pemulihan memakan waktu 10 hari sampai 3 minggu.

7. Pengencangan Payudara

Prosedur ini juga dikenal dengan nama mastopexy. Umumnya prosedur ini dilakukan oleh para wanita yang ingin mengencangkan dan membentuk tulang payudaranya yang telah kendur. Prosedur ini mengangkat kulit berlebih dan menata ulang sisa-sisa jaringan dan lokasi puting. Pemulihan untuk operasi jenis ini memakan waktu seminggu sampai sebulan.

8. Neck Lift

Jika kamu terganggu dengan kulit lehermu yang longgar, maka prosedur operasi plastik ini menjadi pilihan untuk solusi tersebut. Dokter bedah dalam hal ini akan memperkencang otot leher yang mulai hilang atau kendor dan mengangkat kelebihan kulit atau kulit yang longgar. Waktu pemulihan neck lift, kira-kira memakan waktu dua minggu setelah tindakan operasi plastik.

9. Dermabrasion

Dengan operasi plastik jenis ini, keriput dan kekurangan lainnya di wajahmu seperti bintik hitam dan bekas jerawat akan hilang dengan cara digosok dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, hasil yang kamu dapatkan adalah kulit muka akan mulus karena memiliki lapisan kulit yang baru. Waktu pemulihan akan memakan 2 – 6 minggu, namun kulit wajahmu mungkin akan kemerah-merahan selama tiga bulan.

10. Pengecilan Ukuran Payudara

Jenis operasi membuat ukuran payudara lebih kecil dan dilakukan untuk membentuk payudara ke dalam ukuran dan bentuk yang lebih baik. Dalam tindakan ini, dokter bedah akan membedah garis areola dan membuat sayatan vertikal di bawah areola, dokter akan membuang beberapa jaringan payudara, kelebihan lemak, dan kulit dan akan membentuk kembali payudara dan mengangkat puting sehingga posisinya lebih tinggi. Tahap pemulihan akan memakan waktu sekitar 2 – 3 minggu.

11. Lip Augmentation

Jika lipatan bibirmu tidak setegas kamu inginkan, kamu dapat mengubahnya dengan operasi plastik jenis ini, di mana dokter bedah akan melubangi bagian bibirmu dan memasukkan implan untuk memberi bibirmu bentuk yang lebih berisi. Biasanya, operasi ini membutuhkan 2 – 3 minggu waktu pemulihan.

Di atas merupakan 11 prosedur operasi plastik yang populer di seluruh belahan dunia. Prosedur ini dapat membuat kamu mendapatkan tampilan yang diinginkan, namun kamu harus memahami resiko dibaliknya. Selain itu, penting untuk memilih dokter dengan kompetensi yang sesuai dan track record yang baik.

Dalam persiapan operasi, dokter akan menyarankan serangkaian pemeriksaan laboratorium, rontgen, dan mempersiapkan pasien agar prosedur berjalan seaman mungkin. Pasien biasanya akan diminta berpuasa.

Resiko yang pasti pasien alami adalah luka parut atau bekas sayatan. Resiko ini mengharuskan pasien rutin melakukan konsultasi pasca operasi untuk melihat perkembangan lukanya, agar mencegah terjadinya infeksi.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.