Kegemukan Mengganggu Fungsi Otak

motorqq
win228

Ada banyak alasan mengapa kita harus menjaga berat badan tetap sehat dan kini salah satu alasan tersebut adalah agar otak tetap berfungsi secara optimal.

Peneliti dari Universitas Arizona baru baru ini menemukan bahwa mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi berdampak negatif terhadap fungsi kognitif otak terutama pada usia lanjut.

Mengapa hal tersebut terjadi? Jawabannya karena faktor inflamasi.

Memuat...

Menurut Kyle Bourassa, pimpinan dari penelitian ini, semakin tinggi BMI anda maka proses inflamasi yang terjadi di dalam tubuh akan semakin meningkat. Dan bila proses inflamasi ini terjadi di otak akan berdampak negatif terhadap fungsi otak terutama fungsi kognitif.

Meskipun ditemukan hubungan antara peningkatan BMI dengan peningkatan proses inflamasi namun penelitian ini gagal menungkap apa yang sebenarnya menjadi penghubung diantara keduanya.

Kyle Bourassa bersama timnya melakukan analisa data dari English Longitudinal Study of Aging, yang selama 12 tahun mencatat informasi kesehatan, sosial ekonomi dari penduduk Inggris yang berusia 50 tahun ke atas.

Dengan memisahkan sampel penelitian menjadi dua – satu kelompok berjumlah 9.000 orang dan kelompok lain berjumlah 12.500 orang – peneliti mencatat informasi berupa nilai BMI, inflamasi dan kognitif yang terdapat pada kedua kelompok sampel selama 6 tahun lalu dibandingkan.

Studi ini dipublikasikan dalam journal Brain, Behavior and Immunity.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *