Kodein Tidak Aman Untuk Anak Anak

Batuk merupakan keluhan yang sering membawa seseorang berobat ke dokter. Tidak sedikit yang berusaha mengobati sendiri keluhan batuknya di rumah dengan berbagai macam obat batuk yang dijual bebas di apotek.

Salah satu obat batuk yang lumayan ampuh dan kerap diresepkan dokter adalah obat batuk yang mengandung Kodein. Sayangnya menurut perhimpunan dokter anak Amerika Serikat, Kodein tidak seharusnya diberikan pada anak anak untuk mengobati batuk dan meredakan rasa nyeri.

Pajak Games

Sebagaimana diketahui, Kodein merupakan obat batuk yang cukup ampuh melawan batuk terutama batuk kering yang tidak mempan dengan obat batuk yang banyak tersedia di pasaran termasuk untuk anak anak.. Namun, selain bermanfaat mengatasi batuk, Kodein juga berpotensi menyebabkan efek samping yang serius dan bahkan fatal. Demikian pernyataan terakhir yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics.

Loading...

Menurut Dr. Joseph Tobias dari Universitas Ohio, Amerika Serikat, Kodein sejak lama telah dihubungkan dengan terjadinya gangguan pernafasan yang fatal pada anak anak sehingga tidak ada satupun alasan untuk memberikan obat yang mengandung Kodein untuk anak anak.

Menurut catatan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), efek samping berbahaya Kodein pada anak anak antara lain terjadinya 64 kasus melambatnya frekuensi nafas dan 24 kasus kematian yang berhubungan dengan obat tersebut. Kejadian fatal umumnya terjadi pasca operasi dan anak tersebut mendapatkan kombinasi obat Kodein dan Paracetamol. Beberapa kasus masalah pernafasan di malam hari dan kegemukan pada anak juga dihubungan dengan pemberian obat Kodein.

Melihat bahayanya efek samping Kodein bagi anak dan manfaatnya yang masih meragunakn, AAP secara tegas melarang penggunaan Kodein untuk anak anak terutama mereka yang berusia dibawah 12 tahun.

Tulis Komentar

loading...