Manfaat Senam Kegel dan Cara Mudah Melakukannya

Manfaat senam kegel

Pernahkah Anda mendengar istilah senam kegel? Senam ini sering menjadi trending topic di berbagai majalah kesehatan termahsyur, bahkan tak jarang banyak pembahasan dan testimoni yang beraneka ragam mengenai senam kegel ini.

Baca juga : Cara diet sehat dan cepat dengan pelangsing tubuh alami

Manfaatnya dinilai sangat mempengaruhi atau bahkan merubah kehidupan seksual seseorang. Namun ternyata senam kegel tidak hanya memberi manfaat seksual saja, melainkan masih banyak manfaat lain yang tidak kalah menariknya jika kita bahas.

Apa itu Senam kegel? Senam Kegel pertama kali diperkenalkan tahun 1948 oleh Dr.Arnold Kegel. Pada awalnya, senam ini bertujuan untuk memperbaiki ketidakmampuan wanita menahan kencing setelah melahirkan.

Dari penelitian yang dilakukan para ahli ditemukan manfaat yang cukup mengejutkan yaitu senam ini memiliki hasil efektif untuk menguatkan otot Pubococygeus dan membantu memulihkan kondisi wanita setelah melahirkan. Dari sejumlah pasien yang melakukan senam tersebut ditemukan hasil yang sangat menarik. Sejumlah wanita melaporkan, mendapatkan kepuasan seksual luar biasa yang belum pernah dialami setelah menjalani senam kegel.

Menurut penelitian, senam ini dapat memperkuat otot Pubococygeus yang merupakan otot seksual utama pendukung vagina, uterus, rektum dan bagian tubuh lain yang terkait fungsi seksual seperti orgasme dan ejakulasi baik pada wanita ataupun pria. Selain manfaat diatas senam kegelĀ  juga bisa membantu menyembuhkan frigiditas dan kesulitan menahan kencing. Dan lebih spesial lagi ialah bahwa semua kalangan baik yang anak-anak ataupun dewasa dapat melakukan senam kegel.

Senam kegel tidak membutuhkan waktu khusus ataupun waktu yang banyak, hanya senam sederhana yang bisa dilakukan kapan saja, dan manfaatnya dapat dirasakan jika rutin melakukannya. Wanita yang menjalani senam kegel dapat merasakan manfaatnya, seperti lebih mudah dalam mencapai orgasme (puncak kenikmatan seksual) dengan lebih baik. Hal ini karena otot yang dilatih merupakan otot yang digunakan selama orgasme. Vagina akan lebih sensitif dan peka terhadap rangsangan sehingga memudahkan peningkatan kepuasan seksual.

Senam kegel juga mampu memulihkan kondisi vagina seusai melahirkan. Manfaat lain yang tidak hanya menyenangkan Anda, tetapi juga suami Anda. Bayangkan … Jika kemampuan vagina mencengkram penis dengan lebih kuat selama bersengama maka Anda dan pasangan akan mendapatkan pengalaman bercinta yang tidak akan pernah terlupakan. Hal ini merupakan perubahan fantastis jika Anda mau melakukan senam kegel. Jadi jangan kaget jika pasangan Anda ingin melakukan senggama lagi dan lagi.

Bagi pria senam kegel ini bermanfaat dalam memperkecil kemungkinan ejakulasi dini dan dapat membantu untuk dapat orgasme berulang kali ketika bersenggama . Saya sarankan bagi pria dalam melakukan senam ini jangan setengah-setengah, lakukanlah dengan penuh keyakinan bahwa saya pasti bisa memuaskan istri saya di ranjang lebih dahsyat dibanding biasanya. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang efektif dari senam kegel, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan letak otot pubococygeus dan rasakan sehingga anda dapat melatihnya.

Baca juga : 11 Fakta unik tentang payudara wanita yang wajib pria tau

Bagaimana Cara Mengetahui Letak Otot Pubococygeus Agar Bisa Melakukan Senam Kegel dengan Efektif? Seperti diketahui, otot pubococygeus adalah otot yang sama seperti saat Anda menahan kencing. Saat Anda kencing cobalah untuk menahan aliran kencing dan teruskan kembali. Otot untuk menghentikan dan meneruskan kembali aliran kencing itulah otot pubococygeus yang akan dilatih. Setelah menemukan dan merasakan otot pubococygeus, anda dapat mulai berlatih senam kegel.

Lakukan latihan yang paling mudah dahulu yaitu melakukan kontraksi pada otot ini tahan selama hitungan 10 detikĀ  kemudian rilekskan. Jika anda tidak dapat menahan kontraksi dalam hitungan 10 detik kurangilah semisal menjadi 5 detik kemudian lakukan dan secara bertahap naikan hitungannya. Selain sederhana dan mudah dilakukan, senam kegel juga hanya membutuhkan waktu beberapa menit dalam sehari. Intinya senam kegel bisa dilakukan dan dijadikan suatu kebiasaan positif kapanpun juga.

Berikut ini saya berikan tutorial senam kegel secara lebih jelas dan lengkap, agar teman-teman bisa mempraktekannya:

  1. Lakukan pemanasan dengan melemaskan otot perut, paha, dan bokong serileks mungkin
  2. Kontraksikan otot kemaluan dengan menarik ke dalam dan keluar vagina/penis seperti ketika menahan air seni
  3. Ketika anda hendak buang air kecil, tahanlah aliran seni selama 5 detik, kemudian lepaskan selama 3 detik, dan tahan lagi, begitu seterusnya
  4. Jika sudah bisa perlahan naikan durasinya menjadi 10 atau 15 detik
  5. Lakukan sekali dalam sehari namun rutin akan jauh memberikan manfaat dibanding berkali-kali dalam sehari namun tidak rutin
  6. Bisa juga melakukan variasi gerakan saat senam kegel agar tidak bosan

Bagaimana Cara Mendapatkan Hasil Terbaik Selama Melakukan Senam Kegel? Untuk hasil terbaik, senam kegel perlu dilakukan secara konstan setiap harinya. Hasilnya tidak akan didapat dalam waktu sehari. Biasanya, wanita akan merasakan perubahan setelah 3 atau 4 minggu dengan berlatih beberapa menit setiap harinya.

Baca juga : Daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia

Karena itulah, saya menantang anda untuk ikut mempraktekan senam kegel ini, saya sendiri sedang dalam masa latihan, meskipun baru beberapa hari ini.

loading...

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *