Macam Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Di Negara berkembang seperti Indonesia, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJP) masih menjadi ancaman yang serius. Terbukti dengan banyaknya korban yang berjatuhan dikarenakan ganasnya penyakit jantung dan pembuluh.

Penyakit jantung dan pembuluh seperti infark jantung, gagal jantung dan hipertensi merupakan penyebab kematian terbesar di dunia. Hal ini terutama disebabkan oleh faktor makanan yang kaya lemak jahat dan miskin serat-serat nabati.

Baca juga : 6 Metode pengobatan kanker usus besar tanpa operasi

Pola Hidup dan kebiasaan juga menjadi faktor pencetus penyakit jantung dan pembuluh. Pola hidup yang jarang berolahraga serta kurang menjaga kebersihan amat mempengaruhi dan menentukan seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh atau tidak. Di artikel kali ini akan saya jabarkan beberapa penyakit jantung dan pembuluh yang patut Anda tahu, agar dapat melakukan upaya preventif (pencegahan) sedini mungkin.

Angina Pektoris Penyakit angina pektoris adalah penyakit jantung yang terjadi karena jantung tidak menerima cukup darah dan oksigen karena cabang arteri jantung tertutup oleh plak.

Infark Jantung Penyakit infark jantung adalah penyakit jantung yang terjadi karena cabang pembuluh jantung yang menyalurkan darah dan oksigen tersumbat seluruhnya oleh plak atau darah beku (trombus). Gejalanya berupa nyeri hebat di belakang tulang dada, gelisah, muka membiru, dan debar jantung (tachycardia).

Dekompensasi Jantung Adalah keadaan dimana jantung tidak sanggup lagi memelihara peredaran darah secara normal dikarenakan infark jantung atau katup jantung yang tidak bekerja sempurna. Gejalanya sukar bernafas bila berbaring dan penimbunan cairan pada tubuh (edema).

Hipertensi Penyakit hipertensi adalah penyakit pembuluh darah berupa tingginya tekanan (tensi) darah yang berhubungan dengan penebalan dan pengerasan pembuluh darah.

Atherochlerosis Adalah gangguan pembuluh darah yang disebabkan oleh pengerasan atau penebalan dinding pembuluh arteri (nadi). Penyebabnya bisa karena endapan kolesterol, lemak, kalsium, atau plak.

Aritmia Adalah gangguan ritme (frekuensi gerakan) jantung berupa kelainan dalam kecepatan denyut jantung karena serambi atau bilik jantung berdenyut lebih cepat (tachycardia) atau berdenyut lebih lambat (bradycardia).

Baca juga : Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat dan alami

Itulah macam-macam penyakit jantung dan pembuluh darah yang sudah Anda ketahui.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...
loading...