Tujuh Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Hamil

motorqq
win228

Stres selama kehamilan tidaklah baik, karena dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil harus memahami bagaimana cara yang tepat untuk mengusir rasa stres selama kehamilan. Nah, di artikel kali ini saya akan membagikan tips jitu mengatasi stres selama kehamilan.

Baca juga : 12 Cara mudah mencegah dan mengatasi stres

Penasaran ?

Memuat...

Langsung saja berikut tipnya…

Cari Tau Penyebabnya

Cobalah mencari tahu apa penyebab stres yang Anda alami. Apakah stres yang terjadi akibat masalah pada diri sendiri atau ada persoalan dengan orang lain atau pekerjaan. Jika sudah diketahui penyebabnya, segera diskusikan atau ceritakan masalah tersebut dengan orang yang Anda percayai agar bisa dicari solusinya bersama-sama.

Jaga Komunikasi dengan Pasangan

Terbiasa memendam permasalahan justru akan memperbesar tingkat stres yang Anda alami. Cobalah untuk terbuka dengan pasangan, ceritakan permasalahan yang sedang Anda alami. Jaga selalu komunikasi baik dengan pasangan Anda, agar setiap permasalahan yang dialami terasa lebih ringan karena ada pasangan yang selalu support dan membantu Anda.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Kondisi tubuh yang kurang fit akan makin memperparah tingkat stres yang Anda alami. Untuk itu, Anda harus melakukan pencegahan dengan cara menjaga kesehatan tubuh, termasuk salah satunya dengan mencukupkan nutrisi.

Istirahat yang Nyaman

Kurang istrirahat juga akan memperparah kondisi stres yang Anda alami. Untuk itu, saat stres cobalah untuk menyempatkan istirahat sejenak sambil merilekskan pikiran dengan cara mendengarkan musik yang lembut (dianjurkan musik klasik). Sejenak cobalah lupakan permasalahan yang Anda alami, ganti pikiran-pikiran tersebut dengan pikiran yang positif, seperti membayangkan sesuatu yang menyenangkan.

Lakukan Yoga 

Meditasi dan yoga akan membantu mengurangi ketegangan otot akibat stres yang berlarut-larut. Menurut riset, terbukti bahwa yoga dan meditasi punya pengaruh yang signifikan terhadap stres dengan cara menurunkan hormon stres dan menormalkan detak jantung.

Hindari Melampiaskan Stres dengan Hal-Hal Buruk

Banyak ibu hamil yang melampiaskan stres dengan cara memakan makanan sebanyak-banyaknya,ada juga yang merokok, atau malah minum alkohol. Ini adalah salah satu contoh kebiasaan buruk akibat stres. Jika Anda mengalami stres, usahakan untuk mengontrol diri dan jangan melakukan hal-hal bodoh yang akan membahayakan janin Anda. Carilah alternatif lain yang lebih positif seperti berolahraga, bernyanyi, dan lain sebagainya.

Jaga Olahraga

Olahraga rutin setiap pagi akan membantu mengurangi produksi hormon stres di dalam tubuh. Olahraga bukan hanya menyehatkan badan, tetapi juga menyehatkan jiwa Anda. Olahraga senantiasa membuat jiwa Anda rileks dan lebih santai dalam menghadapi berbagai persoalan penyebab stres.

Baca juga : Jalan, metode murah mencegah stres dan mencerdaskan otak

Nah, dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa untuk bisa mengatasi stres selama kehamilan, bukan hanya butuh niat dan kemauan yang kuat, tetapi juga action yang tepat seperti yang telah dijelaskan diatas.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *