Tips Mengusir Bau Badan

Cuaca panas dan keringat adalah dua sahabat yang sangat akrab. Seminimal apapun aktivitas yang kita lakukan kalau cuaca lagi panas panasnya maka keringat akan mengucur dengan deras. Memang sih ada yang bilang tubuh yang berkeringat adalah ciri tubuh yang sehat tapi kebanyakan kondisi ini akan diikuti oleh bau badan yang kurang mengenakan.

Apa sih penyebab bau badan?

Pajak Games

Secara umum bau badan disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah keringat itu sendiri yang menyebabkan badan kita bau dan yang kedua adalah karena pesatnya pertumbuhan bakteri pada kulit yang bila bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Loading...

Pernah mengalami tubuh tiba tiba bau bawang setelah banyak makan bawang? Yap, makanan yang kita makan berpengaruh terhadap bau badan kita. Demikian juga dengan bakteri yang ada pada kulit, pada jumlah yang normal, bakteri ini bermanfaat untuk proteksi tubuh terhadap kuman asing dari luar tapi kalau jumlahnya berlebihan efeknya gak baik terutama dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Karena bakteri senang tumbuh dan berkembang di daerah yang gelap maka bau badan yang disebabkan bakteri kerap muncul pada bagian tubuh yang agak terlindungi dari sinar matahari misalnya pada sekitar ketiak dan selangkangan.

Lalu bagaimana cara sederhana mengusir bau badan?

Perhatikan makanan

Perhatikan apa yang masuk ke perut kita sehari hari. Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan dan produksi keringat berlebihan misalnya bawang merah, bawang putih dan makanan pedas. Mengurangi makanan jenis ini bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya. Silakan mengonsumsi makanan jenis ini tapi tentu saja jumlahnya dibatasi agar tidak sampai menimbulkan bau badan yang kurang sedap.

Kurangi minum kopi

Mengapa kopi? Bukan kopinya sih yang langsung menyebabkan bau badan tetapi efek dari kopi yang menyebabkan tubuh dehidrasi. Jika tubuh dehidrasi maka keringat yang keluar dari tubuh akan lebih bau dari biasanya. Jika tidak bisa mengurangi konsumsi kopi, silakan imbangi dengan minum air yang banyak sehingga tubuh tetap dalam kondisi kecukupan cairan.

Rajin ganti pakaian tidur

Pakaian tidur yang jarang diganti atau sering digunakan berulang ulang menyebabkan bakteri pada pakaian itu juga akan menumpuk. Karena pakaian saat dipakai menempel pada kulit maka bakteri yang ada pada pakaian pun akan mudah berpindah dari pakaian ke tubuh sehingga menyebabkan bau badan. Memang sih makin sering ganti pakaian maka cucian akan makin menumpuk tetapi demi bau badan yang lebih sedap tidak ada salahnya dicoba.

Rutin luluran

Luluran merupakan salah satu cara untuk membersihkan kulit dari daki dan bakteri bandel yang menempel pada kulit. Luluran akan mengikis sel sel kulit mati dan bakteri bandel yang tinggal pada kulit. Gunakan bahan luluran yang sesuai dengan jenis kulit.

Gunakan deodoran

Gunakan deodoran yang mengandung antiprespiran sehingga selain menimbulkan aroma wewangian, deodoran jenis ini juga dapat mengurangi produksi keringat.

Kendalikan stress

Situasi stress akan menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi keringat dan akan berujung pada bau badan yang kurang sedap. Coba kendalikan situasi ini sehingga produksi keringat bisa ditekan.

Tulis Komentar

loading...