Pemimpin Dan Pemarah

tips pasutri

tips pasutri

Apakah pemimpin harus selalu identik dengan sifat pemarah? Sering kita mendengar gunjingan di para bawahan bahwa mereka baru saja habis dimarahin oleh bosnya. Atau mereka takut melakukan sesuatu yang melanggar aturan karena takut dimarahin oleh pimpinannya.

Apakah seorang pemimpin harus selalu marah setiap bawahannya melakukan kesalahan? Jika bawahannya banyak dan melakukan kesalahan berulang ulang, lalu berapa kali seorang pemimpin harus marah? Haruskah seorang pemimpin ‘menjual’ amarah agar diikuti oleh bawahannya?

Pertanyaan pertanyaan diatas sering menghantui saya setiap kali melihat atau mendengar seorang pemimpin yang marah marah ke bawahannya. Mereka seakan tidak peduli terhadap dirinya sendiri selain agar bisa memuaskan nafsu amarah saat keinginan dan tujuannya tidak tercapai.

Mungkin para pemimpin itu tidak tahu, banyak pemimpin sukses yang disukai bawahannya hanya dengan pendekatan yang lebih personal. Seorang pemimpin akan bisa memahami mengapa bawahannya berbuat kesalahan jika dia dekat dengan bawahannya. Bagaimana cara yang efektif mendekati bawahan? Dengan selalu menjalin komunikasi yang lebih manusiawi dan menjauhkan diri dari jarak antara atasan bawahan saat berkomunikasi. Dengan memahami mengapa bawahan berbuat kesalahan maka akan bisa dicarikan solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh bawahan agar kesalahan yang dilakukan tidak berulang.

Kerap memarahi bawahan tidak hanya merugikan diri sendiri (marah itu tidak sehat) juga akan semakin menjauhkan seorang pemimpin dari orang yang dipimpinnya. Sadar atau tidak, pemimpin yang suka marah pasti enggan didekati oleh bawahannya termasuk teman temannya sendiri. Bahkan bawahan akan segera membuang muka atau menjauh begitu melihat pemimpin tersebut lewat atau duduk.

Jadilah pemimpin yang lebih bijak dalam memimpin bawahan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.