Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Mengurangi Konsumsi Gula

tips pasutri

tips pasutri

Makanan manis memang enak dan sulit banget ditolak. Namun, banyak studi yang mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau berkadar gula tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan terutama masalah terhadap berat badan dan mood.

Sayangnya, berita buruk tentang gula ini tidak menyurutkan niat orang untuk mengonsumsinya bahkan boleh dikatakan berlebihan. Kondisi ini gak hanya terjadi di Indonesia, di negara negara maju khususnya di Amerika Serikat juga mengalami penomena yang sama.

Memang sih agak sulit bagi lidah untuk menolak makanan yang enak, namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengurangi konsumsi makan makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan seperti misalnya gula.

Untuk sekedar menambah motivasi, berikut beberapa hal yang bisa kamu rasakan bila mampu mengurangi konsumsi gula dalam makanan sehari hari:

1. Kesehatan kulit akan meningkat

Para cewek pasti senang mendengar hal ini. Betul? Betul banget, karena banyak studi yang menyebutkan gula memiliki efek inflamasi yang sangat buruk terutama pada kulit. Terlalu banyak mengonsumsi gula tentu akan membuat proses inflamasi di kulit bertambah parah yang ujung ujungnya akan menyebabkan munculnya jerawat dan kulit menjadi lebih cepat tua. Dan dengan mengurangi konsumsi gula maka akan mengurangi munculnya jerawat dan tentu saja kesehatan kulit secara keseluruhan akan makin baik.

2. Kualitas tidur meningkat

Tahu gak? Makan makanan yang berkadar gula tinggi sesaat sebelum tidur akan membuat matamu sulit untuk terpejam. Tidak hanya itu, peningkatkan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan manis merupakan penyebab utama sulit tidur di malam hari. Salah satu penjelasannya adalah makan gula akan menyebabkan pelepasan hormon kortisol meningkat, peningkatan hormon ini dapat menganggu tidur.

Jadi, hindari mengonsumsi makanan bergua tinggi sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Kelebihan berat badan mudah untuk diturunkan

Pasti semua udah tahu jika gula mengandung kalori yang tinggi sehingga mengonsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kelebihan kalori yang berujung pada peningkatan berat badan. Salah satu cara menurunkan berat badanmu adalah dengan mengurangi konsumsi gula.

4. Gak ada lagi tenaga drop

Memang sih gula dapat meningkatkan energi tapi peningkatannya hanya bersifat sementara setelah itu tubuh akan kembali drop tidak bertenaga. Kondisi ini membuat kamu ketagihan untuk mengonsumsi gula agar mendapatkan kembali energi yang drop tadi.

Akan lebih baik untuk mendapatkan energi dari karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah buahan bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti gula.

5. Sistem immune bertambah kuat

Inflamasi yang disebabkan oleh gula tidak hanya merusak kulit tetapi juga mencetuskan terjadinya penyakit di organ tubuh yang lain. Inflamasi udah lama dihubungkan dengan beberapa penyakit berbahaya seperti sakit jantung, diabetes, radang sendi, dan lain lain. Begitu kamu mengurangi konsumsi gula maka tingkat inflamasi tubuh juga akan kembali normal dan risiko penyakit pun akan menurun.

Memang sih sangat sulit untuk serta merta mengurangi konsumsi gula, tapi jika kamu berhasil melakukan maka kamu akan menikmati hasilnya. Selamat mencoba.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *