5 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup yang sehat. Beberapa diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang dan olahraga secara rutin. Namun yang terpenting adalah apa yang kamu lakukan tersebut bisa menjadi suatu kebanggan sehingga kamu lebih fokus dan intensif menjalaninya.

Jika kamu sudah yakin terhadap apa yang hendak kamu lakukan dalam mengubah pola hidupmu ke arah yang lebih sehat maka kamu bisa fokus terhadap langkah tersebut dan segera membuatnya menjadi kenyataan.

Pajak Games

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa membantumu memulai pola hidup yang sehat:

Loading...

1. Olahraga yang rutin dan tidur yang cukup.

Mengapa olahraga dan tidur yang cukup merupakan kesatuan langkah? Karena keduanya akan saling berhubungan dan saling mendukung. Bila kamu rutin berolahraga maka kualitas tidurmu juga akan meningkat dan kombinasi keduanya akan memberi dampak positif terhadap kehidupanmu kelak. Tidur juga merupakan ‘obat’ yang mujarab untuk membantu mengurangi stress dan makan berlebihan. Orang yang istirahatnya cukup akan lebih mampu untuk mengendalikan nafsu makan atau dengan kata lain, semakin lama kamu terjaga maka akan semakin sering kamu merasa lapar. Para ahli menganjurkan orang dewasa untuk tidur antara 7 sampai 8 jam setiap hari.

2. Menjaga kebersihan personal.

Siapa sih yang mau dekat dekat dengan orang yang memiliki bau mulut dan bau badan yang tidak sedap? Kamu juga gak mau kan dijauhi orang orang disekitarmu hanya karena bau badan dan bau mulutmu tidak sedap? Kamu harus bisa mulai menjaga kebersihan personalmu dengan baik, mulai dari rajin menggosok gigi dan mandi yang teratur dua kali sehari dengan sabun tentunya. Hindari makanan dan minuman yang membuat nafasmu bau, gunakan antiprespiran jika keringatmu berlebihan. Cukur rambut rambut di badanmu yang bisa menjadi sarang kuman dan membuat badanmu bau.

3. Makan makanan yang sehat.

Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak tidak sehat, rendah gula dan garam. Kurangi konsumsi makanan yang manis manis. Kalau memang kamu suka makanan manis, pilihan buah buahan segar yang manis. Konsumsilah makanan secara dengan frekuensi teratur dalam porsi yang kecil setiap hari. Jangan membuat tubuhmu kelaparan karena kondisi ini nantinya akan membuat kamu makan berlebihan.

4. Tertawa.

Tertawa merupakan obat untuk jiwa yang paling mujarab dan telah dibuktikan oleh para ahli selama berpuluh puluh tahun. Tertawa dapat meredakan stress, meningkatkan mood, mencegah penyakit jantung dan bahkan dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Jika kamu sedang cemas atau takut, cobalah untuk sering sering tersenyum dan tertawa. Dengan tertawa juga dapat membuat penampilanmu lebih menarik dan memperkuat hubungan percintaan maupun pertemanan. Jadi, apa yang kamu tunggu lagi? Segeralah tertawa.

5. Berlatihlah meditasi dan bina hubungan baik.

Cobalah sesekali luangkan waktu untuk bersahabat dengan diri sendiri dengan cara meditasi. Pusatkan pikiran dengan meditasi sedikitnya 20 menit setiap hari. Bangunlah hubungan baik dengan keluarga dan teman. Riset membuktikan, orang yang suka menyendiri lebih rentan mengalami depresi dan meningkatkan risiko sakit jantung. Berhubungan baik dengan orang lain juga dapat merangsang otak untuk bekerja lebih optimal sehingga menurunkan risiko kepikunan.

Tidak ada sesuatu yang kaku dalam pola hidup sehat, yang terpenting adalah kamu bisa menerima perubahan itu dan mau fokus melakukannya. Selamat mencoba dan rasakan perubahannya.

Tulis Komentar

loading...