Gagal Jantung

motorqq
win228

Pernah mendengar istilah gagal jantung atau dalam bahasa Inggris disebut heart failure? Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh yang dilayaninya atau dengan kata lain jantung gagal memompa darah secara normal atau efesien. Pada kondisi ini, jantung tidak mampu memompa darah yang cukup ke organ tubuh seperti otak, liver dan ginjal.

Gagal jantung bisa terjadi pada kedua bilik jantung (bilik jantung memegang peranan penting saat jantung memompa darah ke dan dari seluruh tubuh), baik bilik kanan maupun bilik kiri jantung. Gejala yang muncul tergantung dari bagian jantung yang mengalami kegagalan. Gejala tersebut antara lain nafas pendek/sesak (dyspnea), asma jantung, bendungan darah sistemik atau pada sirkulasi liver, bengkak (edema), kebiruan pada kulit (sianosis) dan pembesaran (hipertropi) jantung.

Ada beberapa penyebab terjadinya gagal jantung, diantaranya:

Memuat...
  1. Penyakit pembuluh darah koroner yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dan melemahnya otot jantung.
  2. Kelumpuhan otot jantung primer karena infeksi virus dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
  3. Penyakit katup jantung yang menyebabkan kelumpuhan otot otot jantung.
  4. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  5. Hipertiroid.
  6. Kekurangan vitamin.
  7. Konsumsi amphetamine (ekstasi) yang berlebihan.

Tujuan pengobatan pada kasus gagal jantung adalah mengembalikan fungsi pompa jantung. Secara umum, pengobatan gagal jantung termasuk pengurangan konsumsi garam, pemberian obat obatan diuretik (membuang kelebihan cairan tubuh), pemberian obat digoxin (menguatkan jantung) dan obat obatan lainnya. Obat spironolactone yang umum digunakan untuk mengobati gagal jantung kongestif, juga bermanfaat untuk mengobati gagal jantung. Pengobatan lain dengan menggunakan implan pacemaker pada jantung untuk merangsang kelistirikan jantung.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *