Rajin Menggosok Gigi Untuk Cegah Kanker

Menggosok gigi setiap hari dan rutin mengunjungi dokter gigi setiap tahun dapat menurunkan risiko bebrapa jenis kanker pada kepala dan leher. Demikian menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam Annals of Oncology edisi 27 Mei 2016.

Menurut kepala peneliti, Dr Dana Hashim dari Bagian Pencegahan Penyakit, Sekolah Kedokteran Ichan, Mount Sinai, New York, Amerika Serikat, beberapa studi sebelumnya telah membuktikan bahwa higiene rongga mulut merupakan indikator terjadinya kanker namun belum bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat dari risiko tersebut.

Pajak Games

Studi kali ini menggabungkan data dari 13 studi dengan total jumlah tumor pada mulut dan tenggorokan sebanyak hampir 9.000 lalu dibandingkan dengan 12.000 sampel tanpa tumor/kanker. Studi ini dilakukan di benua Amerika, Eropa dan Jepang.

Loading...

Pada studi ini, yang termasuk higiene rongga mulut antara lain masalah pada gusi, gigi yang tanggal, rutinitas gosok gigi, mengunjungi dokter gigi sedikitnya setahun sekali.

Orang yang giginya tanggal kurang dari 5, rajin mengunjungi dokter gigi, rutin menggosok gigi dan tidak memiliki masalah pada gusi memiliki risiko yang lebih rendah menderita kanker pada kepala dan leher. Disimpulkan pula, tambalan pada gigi tidak berhubungan dengan risiko kanker.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, kanker pada kepala dan leher berhubungan erat dengan kebiasaan merokok terutama perokok yang memiliki higine rongga mulut yang buruk.

Tulis Komentar

loading...