Migren Meningkatkan Risiko Kematian

Wanita yang didiagnosa menderita migren memiliki risiko menderita penyakit kardiovaskuler yang lebih tinggi dan beberapa diantaranya meninggal dunia karena kondisii tersebut bila dibandingkan dengan wanita yang tidak menderita migren. Penyakit kardiovaskuler tersebut diantaranya adalah serangan jantung dan stroke. Demikian menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam The BMJ Today.

Menurut para ahli, studi ini membuktikan bahwa migren bisa dijadikan salah satu faktor risiko penting terjadinya penyakit kardiovaskuler. Namun dibutuhkan studi lanjutan untuk mengetahui penyebab dari risiko ini dan pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah kardiovaskuler pada wanita penderita migren.

Pajak Games

Selama ini migren memang dihubungkan dengan peningkatan risiko stroke namun hanya sedikit studi yang memperlihatkan hubungan migren dengan penyakit kardiovaskuler dan kematian. Untuk itu, tim peneliti dari Amerika Serikat dan Jerman mencoba melakukan sebuah studi besar yang menilai hubungan antara migren, penyakit kardiovaskuler dan kematian.

Mereka menganalisa data dari 155.541 wanita yang ada pada Nurses’ Health Study II. Wanita yang berusia antara 25 sampai 42 tahun ini saat dimulainya pengambilan data tidak ditemukan menderita angina dan penyakit kardiovaskuler. Selanjutnya kondisi kardiovaskuler dan kematian mereka diikuti selama periode studi dari tahun 1989 sampai 2011.

Secara keseluruhan, 17.531 (15,2%) sampel wanita yang diteliti didiagnosa menderita migren oleh dokter umum. Setelah dilakukan pengamatan selama lebih dari 20 tahun, 1.329 diantara wanita yang didiagnosa migren tersebut menderita penyakit kardiovaskuler dan 223 diantaranya meninggal karena penyakit kardiovaskuler.

Saat dibandingkan dengan wanita yang tidak menderita migren, wanita yang didiagnosa migren memiliki risiko tinggi menderita penyakit kardiovaskuler termasuk diantaranya serangan jantung, stroke, angina dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Tulis Komentar

loading...

loading...