14 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Buah kiwi memang bukan buah asli Indonesia tetapi buah ini mulai banyak diperjual belikan di negeri ini. Disebut kiwi karena buah ini mirip dengan burung kiwi yang hidup di Selandia Baru.

Selain rasanya yang manis dan segar, buah ini ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat buah kiwi.

Pajak Games

1. Membantu proses pencernaan dengan enzim.

Loading...

Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim larut protein yang membantu proses pencernaan makanan dalam usus seperti halnya papain pada pepaya atau bromelain pada nanas.

2. Membantu menjaga tekanan darah.

Kiwi kaya dengan kalium yang membantu keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga mengurangi dampak negatif kelebihan garam natrium.

3. Mencegah kerusakan DNA.

Sebuah studi menyebutkan, kombinasi unik antioksidan pada kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Para ahli juga menyimpulkan, manfaat ini bisa untuk mencegah terjadinya kanker.

4. Meningkatkan sistem imun.

Kandungan vitamin C pada kiwi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sistem imun dalam melawan penyakit.

5. Karbohidrat pintar untuk menurunkan berat badan.

Meskipun termasuk karbohidrat, kiwi memiliki glikemik indeks yang rendah dan kandungan seratnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menyeimbangkan kadar gula darah.

6. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Kiwi merupakan sumber serat yang bagus. Serat pada kiwi membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

7. Membantu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Serat pada kiwi membantu mempercepat pengeluran racun dari sistem pencernaan.

8. Membantu melawan sakit jantung.

Menurut studi, makan 2 sampai 3 kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko pembentukan bekuan darah sampai 18% dan menurunkan kadar trigliserida sampai 15%.

9. Cocok untuk penderita diabetes.

Indeks glikemik yang rendah menyebabkan kiwi cocok dimakan oleh penderita diabetes.

10. Menyehatkan mata

Menurut studi, makan 3 atau lebih kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko menderita degenerasi makular sampai 36%. Kondisi ini terjadi karena kiwi kaya dengan lutein dan zeaxanthin, anti oksidan yang secara alami terdapat pada mata manusia.

11. Menyeimbangkan alkaline tubuh.

Kiwi adalah buah dengan kadar basa tertinggi, artinya buah ini mengandung mineral yang menggantikan kelebihan asam yang masuk tubuh melalui makanan. Banyak manfaat yang bisa didapat bila keseimbangan asam basa tubuh terjaga dengan baik, seperti kulit awet muda, tidur yang baik, lebih jarang sakit, jarang radang sendi dan menurunkan risiko osteoporosis.

12. Bagus untuk kulit.

Kiwi kaya dengan vitamin E, antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari proses penuaan.

13. Rasa yang enak dan cocok untuk variasi menu makanan.

Bentuk dan rasa kiwi yang enak dan berbeda dengan buah yang lain menyebabkan anak anak menyukai buah ini. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, keseimbangan gizi makanan menjadi yang utama. Menyajikan menu makanan yang bervariasi bisa menjadi pilihan untuk memperoleh keseimbangan gizi tersebut.

14. Organik alami.

Kiwi termasuk buah yang jarang bersentuhan dengan pestisida. Dan pada beberapa uji petik, buah ini juga sangat sedikit mengandung residu pestisida.

Catatan:

Kiwi memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Bila oksalat berlebihan di dalam tubuh dapat membentuk kristal yang bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan terutama pada ginjal dan saluran kemih. Itu sebabnya, pasien yang bermasalah dengan ginjal dan saluran kemih sebaiknya menghindari buah ini.

Kiwi juga mengandung bahan yang mirip lateks sehingga orang yang alergi lateks agar berhati hati memakannya.

Tulis Komentar

loading...