Multiple Myeloma

tips pasutri

tips pasutri

Pernah mendengar atau membaca tentang multiple myeloma? Jika belum, multiple myeloma adalah kanker pada sumsum tulang yang melibatkan bagian dari sel darah putih yang disebut dengan plasma (myeloma). Sel kanker pada myeloma bisa berbentuk sel tunggal (plasmacytoma) atau beberapa jenis sel kanker (multiple myeloma).

Pada orang normal, sel plasma merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bertugas membentuk antibodi. Pada pasien myeloma, plasma sel yang sama terbentuk secara berlebihan sehingga orang tersebut memiliki antibodi yang sama secara berlebihan pula. Jumlah sel myeloma yang berlebihan ini akan merusak dan melemahkan tulang sehingga menyebabkan rasa sakit pada tulang dan kadang disertai dengan patah tulang.

Saat tulang dirusak oleh sel myeloma, kalsium pada tulang dilepaskan ke aliran darah yang menyebabkan penurunan nafsu makan, mual, haus, lemas, kelemahan pada otot, gelisah dan tidak bisa tidur. Sel myeloma juga menyebabkan terganggunya produksi sel plasma normal dan sel darah putih yang lain pada sumsum tulang sehingga berujung pada gangguan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya pasien myeloma mudah mengalami infeksi. Sel myeloma juga menyebabkan terganggunya produksi sel darah merah sehingga menyebabkan anemia. Berlebihannya protein antibodi dan kalsium menyebabkan terganggunya kerja ginjal dalam menyaring dan membersihkan darah.

Pengobatan utama pada pasien multiple myeloma adalah dengan kemoterapi dan cangkok sumsum tulang.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.