Olahraga Dapat Menurunkan Risiko 13 Jenis Kanker

Olahraga secara signifikan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker yang mematikan. Demikian menurut sebuah review besar yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

Hanya dengan rutin menggerakan tubuh beberapa jam dalam seminggu, risiko menderita kanker payudara, usus besar dan kanker paru paru bisa diturunkan. Menurut Marilie Gammon, professor dalam bidang epidemiologi, Universitas Carolina Utara, Amerika Serikat, peneliti dalam studi ini, jenis jenis kanker yang bisa diturunkan risikonya setelah rutin berolahraga adalah termasuk kanker mematikan yang banyak diderita orang Amerika Serikat.

Ajaibnya, penurunan risiko kanker tetap dapat dinikmati meskipun karena sesuatu hal, aktivitas olahraga dihentikan untuk sementara waktu. Dan semakin sering berolahraga maka penurunan risiko kanker juga akan semakin besar.

Tapi harap dicatat, studi ini hanya menemukan hubungan antara olahraga dengan penurunan risiko kanker. Studi ini tidak membuktikan hubungan sebab akibat antara keduanya.

Selain jenis kanker yang disebutkan diatas, kanker kanker lain yang bisa diturunkan risikonya dengan olahraga termasuk kanker darah, myeloma, kanker kerongkongan, kanker liver, kanker ginjal, kanker lambung, kanker endometrium, kanker usus besar, kanker kandung kemih dan kanker pada kepala leher. Jadi total ada 13 jenis kanker yang bisa diturunkan risikonya dengan rajin berolahraga.

Menurut rekomendasi para ahli, kita sebaiknya berolahraga minimal 150 menit berolahraga dengan intensitas sedang dan 75 menit berolahraga dengan intensitas berat dalam seminggu.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.