Ini Dia Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Ini Dia Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan 1

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang sangat gampang tumbuh di daerah tropis termasuk Indonesia. Sejak jaman dulu, pepaya sudah menjadi buah favorit di kalangan penduduk Indonesia. Selain sangat mudah tumbuh dan berbuah, pepaya juga rasanya enak dan manis. Kalaupun harus dibeli, harga buah pepaya sangat murah dan terjangkau di berbagai kalangan.

Tapi tahukah anda jika buah pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan? Ini dia beberapa manfaat buah pepaya bagi tubuh.

1. Membantu sistem pencernaan

Memuat...

Buah pepaya mengandung enzim papain yang membantu lambung mencerna protein. Jenis pepaya yang kaya dengan enzim ini adalah pepaya masak yang mana pada kulitnya ditandai dengan sebagian berwarna kuning dan sebagian masih berwarna hijau.

Pepaya juga kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah usus seperti gangguan pencernaan, sembelit dan diare.

2. Membantu mencegah kanker

Pepaya merupakan sumber lycopene yang bagus. Zat ini terbukti dapat menurunkan risiko kanker prostat, kanker paru, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker payudara, kanker serviks dan kanker lambung.

Pada suatu penelitian, ekstrak daun pepaya kering dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama kanker payudara, kanker liver, kanker serviks dan kanker pankreas. Efek anti kankernya meningkat saat ditambahkan teh dosis tinggi.

3. Pepaya bagus untuk mata

Lutein dan zeaxanthin termasuk ke dalam golongan karotenoid yang banyak ditemukan pada pepaya. Pitokimia ini bagus untuk menjaga kesehatan mata terutama mencegah terjadinya degenerasi makular.

4. Membunuh parasit usus

Menurut studi, buah dan biji pepaya memiliki kemampuan anti parasit. Anak anak yang memiliki parasit pada usus, setelah secara rutin diberikan ekstrak biji pepaya, parasit yang ada dalam usus berangsur angsur menghilang.

5. Bagus untuk kulit

Pepaya kaya dengan beta karoten dan lycopene yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mikronutrisi ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. Jus kulit pepaya yang diolesi pada kulit bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang sehat.

6. Menurunkan risiko stroke

Kandungan lycopene pada pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke pada pria. Memang zat ini bisa ditemukan pada tomat tapi lycopene pada pepaya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Disamping manfaat diatas, buah pepaya juga sangat banyak mengandung vitamin (A dan C) dan mineral. Buah ini juga rendah garam, kalori dan zat tepung.

Catatan:

Hati hati bagi mereka yang menderita alergi lateks karena pepaya mengandung chitinases yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada mereka yang alergi lateks. Walau belum terbukti kuat, pepaya juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, ibu menyusui dan mereka yang berisiko mengalami pendarahan. Biji hitam pepaya mengandung carpine, sejenis zat racun. Namun, zat ini pada dosis yang pas dapat membantu membunuh parasit pada usus.

Nih buat jajan