Kurang Gerak Meningkatkan Risiko Kanker Serviks

tips pasutri

Wanita yang kurang gerak lebih berisiko menderita kanker leher rahim atau serviks, namun apabila wanita itu tersebut mau bergerak atau olahraga minimal 30 menit setiap minggu maka risiko kanker serviks tersebut akan menurun. Demikian hasil studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Lower Genital Tract Disease.

Menurut Kirsten Moysich, peneliti sekaligus professor pada bagian onkologi dan pencegahan kanker, Roswell Park Cancer Institute, Amerika Serikat, hasil studi ini memberikan pesan yang cukup jelas dalam bidang kesehatan masyarakat bahwa kurang olahraga memiliki dampak yang serius dalam bidang kesehatan.

Moysich menambahkan, temuan dalam studi ini juga menyebutkan intensitas olahraga yang dibutuhkan untuk dapat menurunkan risiko kanker serviks.

Studi ini menjadi studi pertama di Amerika Serikat yang mencari hubungan antara kurang olahraga dengan risiko kanker serviks. Dalam studi ini yang melibatkan sebanyak 128 orang wanita yang didiagnosa dengan kanker serviks serta 512 wanita yang diduga menderita kanker serviks namun setelah ditindaklanjuti ternyata wanita tersebut tidak menderita kanker serviks.

Wanita yang didiagnosa kanker serviks, 31% mengaku jarang berolahraga atau berolahraga kurang dari 4 kali sebulan.

Setelah memperhitungkan faktor risiko yang lain seperti merokok, asupan alkohol, riwayat keluarga dengan kanker serviks dan indeks massa tubuh maka dihasilkan kesimpulan, wanita yang jarang berolahraga, 2,5 kali lebih mudah menderita kanker serviks bila dibandingkan dengan wanita yang rajin berolahraga.

fiforlif kolesterol

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

loading...