Tips Menunda Haid Dengan Pil KB

tips pasutri

Menunda haid bukanlah hal baru di kalangan para wanita. Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang wanita menunda haid, misalnya ada kepentingan ibadah, kegiatan olahraga atau kepentingan lainnya.

Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk menunda haid namun bagi wanita yang kebetulan saat ini menggunakan metode kontrasepsi pil KB, pil ini juga bisa digunakan untuk menunda haid. Caranya adalah dengan minum pil KB aktif setiap hari secara terus menerus dan mengabaikan pil placebo pada satu periode paket pil KB.

Berikut caranya:

Minumlah pil KB aktif selama 6 minggu secara terus menerus, itu artinya anda membutuhkan 2 paket pil KB karena dalam satu paket pil KB hanya bisa diminum selama 4 minggu. Minum setiap hari pil KB aktif pada paket pertama, buang pil KB yang tidak aktif (placebo) lalu sambung dengan pil KB aktif pada paket kedua. Jangan sampai ada jeda diantara kedua paket.

Setelah pil KB aktif dari paket pertama dan paket kedua diminum selama 6 minggu, minumlah pil KB tidak aktif pada minggu ketujuh. Haid diharapkan akan datang kembali saat anda meminum pil KB yang tidak aktif. Untuk mencegah terjadinya gejala putus obat atau perdarahan haid yang berlebihan, pil KB tidak aktif sebaiknya diminum kurang dari seminggu.

Bila terjadi efek samping saat akan minum pil KB tidak aktif, dokter akan menyarankan untuk melanjutkan minum pil KB aktif sampai minggu ke sembilan.

Semoga bermanfaat.

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.