5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stroke

tips pasutri

tips pasutri

Pernah mendengar kata stroke? Penyakit yang menyeramkan ya. Gak perlu ketakutan yang berlebihan saat berhadapan dengan stroke, yang terpenting adalah memahami dengan baik faktor risiko stroke dan tanda tanda awal terjadinya stroke.

Menurut Mary Ann Bauman, M.D., pimpinan dari American Stroke Association Advisory Committee, stroke merupakan penyakit yang sangat bisa dicegah dan diobati. Cara terbaik untuk mengalahkan stroke adalah dengan tidak menderitanya atau sedini mungkin berobat ketika tanda tanda stroke mulai dirasakan.

Berikut 5 hal yang wajib diketahui agar bisa lebih mengenal stroke dan bisa menghindarinya:

1. Setiap orang bisa kena stroke (bahkan seorang superhero)

Beberapa pasien stroke tidak tampak akan menderita stroke bahkan ada yang tidak memiliki faktor risiko stroke seperti hipertensi. Stroke memang umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia namun orang dewasa muda, remaja, anak anak bahkan bayi bisa menderita stroke. Jadi kesimpulannya, siapa saja bisa dihampiri oleh penyakit yang namanya stroke.

2. Tekanan darah tinggi merupakan musuh nomor 1 untuk stroke

Tiga dari empat orang yang menderita stroke untuk pertama kali memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg. Hipertensi memang menjadi faktor risiko utama stroke sehingga memerikakan tekanan darah secara rutin menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pencegahan stroke. Bila ditemukan adanya kenaikan tekanan darah maka segera dikontrol agar bisa segera turun dan stabil.

3. Stroke itu memilih milih ras

Studi di Amerika Serikat, meskipun stroke bisa menyerang manusia dari berbagai warna kulit, stroke lebih banyak menghampiri mereka yang berkulit gelap. Risiko menderita stroke bagi mereka yang berkulit gelap dua kali lebih besar daripada mereka yang berkulit putih dan kebanyakan terjadi pada usia muda.

4. Stroke sangat bisa diobati

Kemajuan teknologi pengobatan seperti obat obatan penghencer darah dan ‘stent’ membuat stroke sangat mungkin untuk diobati. Namun untuk memperoleh hasil pengobatan yang maksimal, pasien harus dirujuk ke rumah sakit yang memiliki kemampuan mengobati stroke antara 3 sampai 4,5 jam dari ditemukannya gejala awal. Dengan kematian hampir 2 juta sel otak setiap menit pada pasien stroke, tidak ada alasan untuk menunda memberikan pertolongan pada mereka yang mengalami stroke.

5. Teman biasanya menolong teman saat stroke

Karena cepatnya kerusakan otak akibat stroke maka kehadiran seseorang di samping penderita stroke saat terjadinya gejala awal akan sangat penting. Orang ini harus sigap dan cepat memberikan pertolongan dengan menghubungi rumah sakit terdekat. Setiap orang harus memiliki kemampuan mengenali gejala awal stroke sehingga bisa memberikan pertolongan pada mereka yang mengalami stroke. Dalam bahasa Inggris, gejala awal stroke disingkat F.A.S.T yakni Face drooping (wajah mencong ketika digerakan), Arm weakness (tangan lumpuh), Speech difficulty (kesulitan bicara), Time (waktunya mencari pertolongan atau menghubungi ambulan).

Demikian 5 hal penting yang perlu diketahui agar kita bisa lebih mengenal dan mewaspadai stroke sehingga penyakit yang mematikan ini bisa dicegah dan diobati dengan baik.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.