Cara Sederhana Mengatasi Suara Serak

tips pasutri

tips pasutri

Pernah mengalami suara yang keluar dari mulut tiba tiba serak? Yap, hampir setiap orang pernah mengalami gejala yang menjadi musuh besar para penyanyi ini. Suara serak umumnya terjadi karena adanya radang pada pita suara atau laring. Dalam dunia medis, radang pada layring disebut dengan laringitis.

Penyebab laringitis kebanyakan karena adanya iritasi pada pita suara. Iritasi ini bisa karena makanan atau minuman, bisa juga karena ‘terlalu banyak bicara’ yang menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada pita suara.

Selain suara yang tiba tiba serak, laringitis bisa juga menyebabkan nyeri saat menelan, demam dan gejala radang lainnya.

Meskipun suara yang serak bisa kembali normal dengan sendirinya seiring dengan membaiknya proses peradangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakannya. Berikut beberapa diantaranya,

Puasa bicara

Kalau memang tidak bisa untuk puasa bicara, minimal kurangi bicara agar pita suara dapat beristirahat dan mempercepat penyembuhan. Jika harus bicara, cobalah bicara dengan volume suara yang kecil, jangan berteriak. Jangan pula berbisik karena getaran yang terjadi pada pitasuara saat berbisik sama dengan saat bicara normal.

Stop batuk

Selain menghindari berbicara, penderita laringitis juga sebisa mungkin untuk tidak batuk. Memang agak sulit untuk tidak batuk tetapi batuk bisa dicegah dengan cara minum minuman yang hangat, minum obat batuk atau makan bubur ayam yang hangat.

Bila memilih obat batuk, pilih obat batuk yang mengandung anti radang untuk membantu penyembuhan radang pada laring. Penderita laryngitis juga boleh minum madu yang dicampur air hangat untuk membantu penyembuhan dan mencegah batuk.

Kompres hangat

Seperti jenis peradangan yang lain, kompres hangat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pita suara. Kompreslah pada bagian depan leher atau lingkari leher dengan handuk yang hangat.

Menghirup uap hangat

Menghirup uap air hangat merupakan cara lain untuk melawan proses radang yang terjadi pada tenggorokan. Tapi jangan menggunakan uap air yang terlalu panas agar tidak merusak jaringan tenggorokan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.