Apa itu Prediabetes?

tips pasutri

tips pasutri

Mungkin udah banyak yang pernah mendengar kata diabetes tapi bagaimana dengan istilah prediabetes?

Prediabetes adalah suatu kondisi yang mana seseorang memiliki kadar gula yang diatas normal tetapi belum bisa didiagnosa sebagai diabetes. Dengan demikian, seseorang yang mengidap prediabetes bisa disebut sebagai calon penderita diabetes tipe 2. Mengapa demikian? Karena mereka yang saat ini berada dalam kondisi prediabetes maka dia akan berisiko tinggi menderita diabetes tipe 2, penyakit jantung atau stroke.

Prediabetes umumnya bisa dinormalkan tanpa memerlukan obat alias hanya dengan perubahan pola hidup dan pola makan. Misalnya dengan cara menurunkan berat badan dan meningkatkan aktivitas fisik. Menurunkan berat badan terbukti dapat menunda terjadinya diabetes tipe 2 pada pasien dengan prediabetes.

Pada orang prediabetes, kadar gula darah puasa berada di level 100 mg/dL atau lebih tetapi kurang dari 126 mg/dL (kadar diatas 126 mg/dL sudah bisa didiagnosa sebagai diabetes). Hemoglobin A1c (HbA1c) pada prediabetes berada antara 5,7% sampai 6,4%.

Prediabetes juga disebut dengan istilah impaired glucose tolerance (IGT) atau impaired fasting glucose. Meskipun ada beberapa orang dengan prediabetes mengalami salah satu gejala diabetes tetapi secara umum tidak ada gejala spesifik untuk prediabetes sehingga orang tidak menyadari dirinya menderita prediabetes.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.