Tips Menurunkan Risiko Sakit Jantung

tips pasutri

tips pasutri

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ungkapan ini juga berlaku untuk sakit jantung. Mengapa? Jawabannya simpel, beberapa kasus penyakit jantung itu sejatinya sangat mudah dicegah namun bila itu tidak dilakukan dan sampai terkena sakit jantung maka biaya pengobatannya sangat besar.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko sakit jantung

Stop merokok

Perokok memiliki risiko dua sampai 6 kali lebih tinggi menderita sakit jantung dibandingkan dengan non perokok. Berita baiknya, begitu kebiasaan merokok dihentikan maka saat itu pula risiko sakit jantung akan menurun. Jadi, semakin cepat berhenti merokok maka akan semakin rendah risiko sakit jantung.

Olahraga

Tidak ada kata terlambat untuk memulai berolahraga. Berjalan cepat 20 sampai 30 menit, disertai dengan angkat beban ringan, dua sampai tiga kali seminggu dapat menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, gula darah dan kadar kolesterol yang merupakan faktor risiko sakit jantung.

Redakan stress

Meskipun belum ada bukti hubungan antara stress dengan sakit jantung, stress yang kronis dapat menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi hormon adrenalin dalam jumlah besar, yang menyebabkan kenaikan tekanan darah, mempercepat detak jantung dan meningkatkan frekuensi nafas.

Stress juga meningkatkan kadar gula dalam darah.

Makan makanan sehat bergizi seimbang

Kesehatan individu sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang masuk perut. Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang tinggi kadar garam, tinggi kadar gula dan tinggi kadar lemak jenuh (transfat)-nya. Fokuslah pada makanan yang sehat seperti sayuran, buah buahan, kacang kacangan.

Jaga berat badan

Menjaga berat badan selalu dalam keadaan sehat dapat menurunkan risiko sakit jantung antara 35 sampai 45%.

Jaga kesehatan mental

Saat menderita depresi atau stress yang berat, segeralah berobat karena pengobatan yang cepat dapat menurunkan risiko serangan jantung. Kombinasikan dengan makanan yang sehat untuk menurunkan risiko depresi.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.