Tips Meringankan Nyeri Pinggang Saat Hamil

Nyeri pinggang bukan sesuatu yang asing bagi ibu hamil apalagi saat hamil tua. Meskipun merupakan suatu keluhan yang biasa, nyeri pinggang saat hamil juga perlu perhatian khusus.

Mengapa ibu hamil sering mengalami nyeri pada bagian punggung atau pinggang? Hal ini karena bertambahnya beban tubuh, perubahan pusat gravitasi tubuh dan aktivitas hormonal yang menyebabkan terjadinya relaksasi pada ligamen yang memegang sendi panggul.

Berikut beberapa cara sederhana untuk meringangkan gejala nyeri pinggang saat hamil.

Perbaiki postur tubuh

Seiring dengan tumbuhnya janin di dalam kandungan, pusat gravitasi tubuh akan makin ke depan. Untuk mencegah jatuh ke depan, tubuh akan berusaha untuk lebih condong ke belakang, kondisi ini akan menyebabkan ketegangan pada otot otot tulang belakang dan menyebabkan nyeri tulang belakang/pinggang. Ringankan kondisi ini dengan memperbaiki postur tubuh:

  • Buatlah posisi tubuh tegak lurus.
  • Tinggikan bagian dada.
  • Biarkan bahu tetap dalam kondisi rileks.
  • Jangan mengunci bagian lutut.

Jika berdiri dalam waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki dengan menggunakan pijakan kaki yang lebih rendah, dan beristirahatlah yang lebih sering.

Postur yang baik juga berlaku saat duduk, pilihlah tempat duduk yang dapat menopang punggung dengan baik, tambahkan bantal di bagian belakang untuk membantu menyangga punggung.

Gunakan alas kaki yang pas

Gunakan alas kaki yang hak-nya rendah dengan kelengkungan bagian atas yang pas dengan lengkung telapak kaki. Hindari penggunaan high heels karena sepatu jenis ini mendorong keseimbangan tubuh ke depan dan menyebabkan risiko terjatuh.

Belajar mengangkat benda dengan benar

Saat mengangkat benda yang kecil, jongkoklah lalu angkat dengan kedua kaki. Jangan mengangkat benda dengan cara membungkuk lalu mengangkatnya menggunakan punggung. Penting juga mengetahui batas kemampuan dalam mengangkat benda, cari bantuan bila diperlukan.

Tidur miring

Tidurlah dalam posisi miring, jangan terlentang. Tekuk salah satu atau kedua lutut dan diantara lutut bisa diselipkan bantal. Bantal juga bisa ditambahkan pada bagian bawah perut dan belakang punggung.

Kompres hangat, dingin atau pemijatan

Kompres hangat, dingin atau pemijatan pada punggung dapat membantu meringankan nyeri punggung pada ibu hamil.

Tetap rajin bergerak

Aktif bergerak dalam keseharian dapat membantu menguatkan otot otot punggung sehingga membantu meredakan rasa nyeri saat hamil. Tentu olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi kehamilannya. Bila memang tidak paham dengan cara berolahraga saat hamil, bisa meminta bantuan terapis di bidang ini.

Lalu kapan ke dokter? 

Jika nyeri pinggang makin parah selama kehamilan dan berlangsung lebih dari dua minggu. Kondisi ini mungkin membutuhkan obat obatan untuk meredakan sakitnya.

Jika nyeri pinggang disertai dengan keluar darah dari kemaluan, demam dan nyeri saat buang air kecil, segera ke dokter.

Tulis Komentar

loading...

loading...