Terlalu Lama Duduk Ternyata Berbahaya

tips pasutri

tips pasutri

Segeralah bangkit dari tempat duduk karena duduk terlalu lama dapat memperpendek usia. Serem ya, tapi itulah yang dihasilkan oleh suatu studi terakhir yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil.

Penelitian ini menganalisa data dari 54 negara yakni hubungan antara duduk yang lebih dari 3 jam setiap hari dengan 3,8% kematian yang terjadi.

Mengurangi waktu duduk menjadi kurang dari 3 jam setiap hari dapat meningkatkan harapan hidup sampai rata rata 0,2 tahun atau lebih dari dua bulan, demikian menurut hasil penelitian ini.

Penelitian ini kembali menegaskan bahwa duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan meskipun orang tersebut rajin berolahraga.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine ini juga menarik kesimpulan, pengurangan 10% dari waktu duduk (misalnya pengurangan 30 menit dari total waktu duduk setiap hari), sudah memberikan dampak yang segera bagi tubuh.

Menurut Leandro Rezende, sang peneliti dari University of Sao Paulo School of Medicine, di Brasil, meskipun banyak studi yang telah menyebutkan bahayanya duduk yang terlalu lama namun sangat sulit untuk mengubah perilaku masyarakat terutama masyarakat perkotaan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.