5 Cara Sederhana Mengatasi Stress

Kita sebagai manusia pasti pernah stress, baik stress karena kerjaan/sekolah atau stress karena masalah yang dihadapi dalam keluarga. Meskipun stress merupakan respon alami tubuh saat menghadapi tekanan dari luar, namun bila stress ini berlebihan dan berlangsung lama tentu tidak akan berdampak positif terhadap kesehatan.

Banyak masalah kesehatan yang bisa timbul bila stress dibiarkan berlarut larut. Mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit berat yang bisa mengancam nyawa. Beberapa contoh penyakit yang bisa muncul saat seseorang mengalami stress berkepanjangan adalah diabetes melitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, masalah pencernaan, dan lain lain.

Pajak Games

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stress dan menghindarkan kita dari penyakit berbahaya akibat dari stress yang berkepanjangan.

Loading...

Cobalah untuk keluar ruangan

Mengunci diri di dalam kamar seorang diri hanya akan membuat perasaan galau dan kesepian. Kondisi ini tentu akan membuat stress makin menjadi. Cobalah untuk menghirup udara segar ke luar rumah agar oksigen bisa lebih banyak masuk ke dalam otak sehingga pikiran menjadi lebih fresh. Vitamin D pada sinar matahari juga bermanfaat untuk menurunkan kadar hormon stress dalam darah. Vitamin D juga bermanfaat untuk meredakan gejala depresi.

Pengaruhi otak dengan hal hal positif

Aktivitas seperti merajut, panjat tebing atau sekedar mencorat coret kertas dapat dipakai untuk meluapkan segala perasaan negatif di dalam otak. Aktivitas yang sifatnya kreatif dan dalam ritme tertentu dapat membuat otak lebih rileks dan terbebas dari kungkungan pikiran yang negatif. Memang sih awal awalnya sangat sulit untuk melakukannya tapi begitu dilakukan dan terjun di dalamnya maka akan terasa menyenangkan dan dinikmati.

Cobalah untuk berolahraga

Saat menghadapi suatu masalah, cobalah untuk bergerak dan berolahraga. Olahraga akan menyebabkan otak dibanjiri oleh endorphine, zat kimia yang memberi rasa nyaman dan rasa senang. Jangan menimbun diri dengan junk food saat tertekan karena justru akan memperburuk kondisi pikiran. Daripada membeli junkfood yang mahal, cobalah untuk berolahraga dan rasakan manfaatnya untuk mengusir stress di kepala.

Minum teh atau kaldu

Biasanya orang yang lagi stress akan memilih minuman beralkohol sebagai pelarian. Cara ini salah besar karena minuman beralkohol akan melemahkan sistem immun dan membuat kondisi tubuh memburuk saat stress. Stress sejatinya telah melemahkan kondisi tubuh apalagi ditambah dengan minum minuman beralkohol. Cobalah untuk minum teh saat stress karena minuman ini memberi efek menenangkan dan menghangatkan tubuh. Apalagi ditambah dengan nyeruput kaldu tulang yang memberikan tubuh nutrisi antiinflamasi yang bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tubuh yang rusak akibat stress.

Berkomunikasi dengan orang yang dipercaya

Saat stress, seseorang membutuhkan orang lain untuk mendengarkan masalah yang dihadapi. Jika masalah itu dibiarkan menumpuk di dalam otak maka masalah itu bukan tambah ringan tetapi kian hari kian bertambah berat. Namun jika masalah itu dikeluarkan dan dibagi dengan orang lain maka masalah itu akan terasa lebih ringan dan lebih terkontrol. Tentu orang yang diajak mendengarkan masalah itu adalah orang dekat yang bisa dipercaya tanpa menghakimi. Bila memang tidak menemukan orang seperti itu maka bisa meminta bantuan seorang terapis untuk mendengarkannya.

Stress memang proses alami yang dialami manusia dalam kehidupan sehari hari dan dengan mengelola stress secara benar maka dampak buruk stress bagi tubuh dapat dikurangi.

Tulis Komentar

loading...