Jumlah Penderita Diabetes Dunia Meningkat 4 Kali Lipat Sejak 1980

Menurut World Health Organization (WHO), jumlah penderita diabetes pada tahun 2014 mencapai 422 juta orang atau meningkat empat kali lipat dari jumlah penderita diabetes di tahun 1980. Ini merupakan laporan pertama yang dibuat WHO tentang penyakit diabetes.

Peningkatan jumlah kasus diabetes yang luar biasa ini tidak terlepas dari perubahan pola hidup dan pola makan sebagian besar penduduk dunia.

Masih menurut WHO, diabetes menjadi penyebab langsung dari kematian 1,5 juta orang pada tahun 2012, tapi bila ditotal dengan jumlah kematian akibat komplikasi dari kenaikan gula darah maka akan didapatkan jumlah sebesar 2,2 juta orang.

Memuat...

Sebagaimana kita ketahui, diabetes secara umum dibagi menjadi dua tipe. Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang sulit dicegah dan terjadi akibat kegagalan organ pankreas memproduksi hormon insulin yang cukup. Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak diderita oleh penduduk dunia yang berhubungan erat dengan kegemukan dan faktor gaya hidup. Dulunya diabetes tipe 2 banyak diderita oleh orang lanjut usia, namun kini usia penderita diabetes tipe 2 sudah semakin muda.

Untuk menghambat pertumbuhan jumlah penderita diabetes maka dibutuhkan upaya yang sangat keras dari masyarakat global untuk lebih banyak bergerak dan mulai beralih ke pola makan yang lebih sehat.

Nih buat jajan