Mari Mengenal Rosacea

tips pasutri

tips pasutri

Rosacea

Rosacea adalah penyakit kronis pada kulit yang ditandai dengan adanya warna kemerahan pada wajah terutama daerah dahi, dagu, dan bagian bawah hidung. Pembuluh darah kecil pada daerah tersebut tampak membesar (dilatasi) sehingga tampak jelas pada kulit berupa garis garis kemerahan (telangiektasias). Pada beberapa kasus juga tampak adanya bintik bintik kemerahan seperti jerawat remaja.

Rosacea umumnya terjadi pada usia pertengahan atau usia antara 30 sampai 60 tahun terutama mereka yang memiliki kulit terang. Penyakit ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita namun kasus berat umumnya terjadi pada pria.

Gejala rosacea umumnya hilang timbul dan makin berat seiring dengan bertambahnya usia.

Rosacea bisa diobati namun belum bisa disembuhkan. Obat obatan yang sering dipakai adalah antibiotika topikal seperti Metronidazole dan antibiotika oral seperti Tetracycline. Penggunaan steroid topikal (kortisone) jangka pendek kerap digunakan untuk meringankan gejala inflamasi.

Menghindari rokok, makanan dan minuman yang menyebabkan wajah memerah (seperti makanan pedas, minuman panas dan minuman beralkohol) dapat membantu mencegah munculnya gejala penyakit ini. Penderita rosacea juga sebaiknya menghindari berada di suhu lingkungan yang panas untuk mengurangi munculnya gejala.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.