5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan 1

Adakah dari anda yang belum mengetahui daun salam ? Daun kaya manfaat ini sangat familiar digunakan sebagai bumbu masak atau penyedap, dengan aroma daun khas yang mengundang selera tentu akan membuat makanan menjadi lezat dan menggugah selera.

Lalu, apakah hanya sekedar penyedap saja manfaat daun salam ini ? Tentu … jawabannya tidak. Terdapat sejuta manfaat daun salam yang mungkin sudah anda tau ataupun belum anda ketahui. Berikut ini saya paparkan ulasan mengenai manfaat daun salam secara lengkap beserta ramuannya.

Polyanthae Folium Nama lain : Daun Salam Nama Tanaman Asal : Syzygium Poliantum, disebut juga Eugenia Polyantha Keluarga : Myrtaceae Zat Berkhasiat Utama : Minyak Atsiri dan Tanin Penggunaan : Anti diare dan adstringensia Pemerian : Bau aromatik lemah Daun salam tinggi batangnya dapat mencapai 20 meter lebih. Batang kayunya lurus dan keras, diameter dapat mencapai 1 meter. Daunnya lonjong dengan ukuran kurang lebih 10 x 4 cm, dan aromanya sedap sekali.

Memuat...

Khasiat dan manfaat Daun Salam :

Mengobati Diare

Diare ternyata bisa disembuhkan dengan memakai ramuan herbal daun salam. Hal ini dikarenakan daun salam memiliki kandungan tanin yang mempunyai sifat menciutkan selaput lendir usus sehingga berakibat pada berhentinya diare. Caranya : Cuci 15 lembar daun salam segar, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

Mengobati Sakit Mag

Mag sering menimbulkan rasa perih dan sakit di perut. Mag umumnya timbul karena meningkatnya kadar asam dalam lambung, jika tidak segera dinetralisir maka bisa mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau luka di permukaan lambung. Kandungan di dalam daun salam dinilai dapat menetralisir kelebihan asam dalam lambung sehingga penyakit mag bisa dibereskan dengan cepat. Caranya : Cuci 15 sampai 20 lembar daun salam segar, Rebus dengan 1/2 liter air hingga mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula secukupnya. Setelah dingin minum secara rutin hingga rasa perih di lambung hilang.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan masalah kesehatan serius yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Kolesterol bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk mengatasi masalah kolesterol berlebih dalam tubuh, Anda bisa memakai daun salam. Caranya bisa dilihat dibawah ini. Caranya : Cuci 10 lembar daun salam segar, kemudian direbus dengan 3 gelas air, dan sisakan 1 gelas. Minum rutin setiap hari di waktu malam.

Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis merupakan jenis penyakit gula. Penyakit ini berhubungan erat dengan penyakit diabetes yang terkenal keganasannya. Untuk mengobati kencing manis, memakai ramuan daun salam adalah salah satu solusinya. Sifat diuretik atau pelancar air seni pada daun salam sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit kencing manis. Caranya : Cuci 7 sampai 15 lembar daun salam segar, lalu direbus dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, diminum sekaligus sebelum makan. lakukan rutin sehari 2 kali.

Melangsingkan Badan

Kabar baik buat Anda yang pengen punya badan langsing. Kini hal tersebut bisa Anda wujudkan hanya dengan ramuan herbal daun salam. Daun salam memang sudah terkenal sejak lama sebagai ramuan diet yang cukup ampuh, sehingga sangat cocok Anda gunakan untuk melangsingkan badan. Caranya : Cuci dan rebus segenggam daun salam dengan dua 2 air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum selagi masih hangat. Ingat, jangan dicampurkan bahan tambahan seperti gula, minum rutin ramuan ini hingga berat badan yang di impikan tercapai.

Itulah seluruh artikel kali ini mengenai manfaat daun salam, semoga dapat bermanfaat, silahkan share jika dirasa artikel ini bermanfaat.

Nih buat jajan