Mitos Dan Fakta Seputar Kebiasaan Mandi

tips pasutri

tips pasutri

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap orang. Menjaga kebersihan dan menyegarkan tubuh adalah salah satu tujuan dari mandi.

Pernahkah anda mandi di malam hari atau mandi dengan air hangat ?

Jika pernah maka keduanya itu akan kita bahas, karena memang berkaitan erat dengan mitos serta fakta seputar mandi.

Di kalangan masyarakat banyak sekali hal – hal yang berbau mitos, termasuk mitos tentang mandi, banyak juga yang mempercayainya namun tidak sedikit orang yang sudah berbeda pemikiran dan cenderung realistis sehingga sama sekali tak mempercayainya. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar mandi yang sampai saat ini masih berkembang di masyarakat :

Mitos : Kulit kesat sesudah mandi berarti bersih

Fakta : Keadaan kering dan kesat selesai mandi sering diartikan sebagai keadaan bersih bagi masyarakat indonesia, padahal tak sepenuhnya hal itu benar. Kulit yang bersih adalah kulit yang mempunyai kelembaban alami, kulit yang punya kelembaban alami ialah kulit yang lembut tetapi tidak kering / kesat dan juga tidak licin.

Sebenarnya keadaan kesat sehabis mandi diakibatkan oleh sabun atau pembersih yang kita pakai saat mandi, kandungan PH yang bersifat basa serta adanya zat kimia juga berperan terhadap rusaknya protein dan lipid yang melapisi bagian luar kulit sehingga mengakibatkan kulit kesat / kering. Tips mudah untuk mengatasinya adalah menggunakan bahan pembersih untuk mandi yang lebih alami dengan kandungan PH normal serta tidak mengandung zat kimia.

Mitos : Mandi air hangat rutin, baik untuk menjaga kesehatan

Fakta : Memang benar kalau mandi air hangat itu baik untuk kesehatan, namun jika dilakukan secara rutin bisa juga berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya yaitu bisa sebabkan air di pori – pori kulit menguap sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu bagi pria yang sering mandi air hangat, sebaiknya kurangi kebiasaan seperti itu . Sebab dunia medis baru – baru ini menyatakan bahwa mandi air hangat yang dilakukan rutin bisa mengganggu pertumbuhan dan kesehatan sperma . Solusi mudahnya ialah tetap mandi dengan air dingin dan sesekali mandi air hangat, dengan begitu kesehatan akan senantiasa terjaga.

Mitos : Mandi di malam hari timbulkan berbagai penyakit

Fakta : Ini adalah salah satu hal yang sering saya lakukan yaitu mandi di malam hari, banyak sekali mitos yang beredar bahwa mandi di malam hari bisa timbulkan banyak penyakit. Hal ini tak sepenuhnya benar, dunia medis sampai saat ini belum punya bukti empiris bahwa mandi di malam hari membuat timbul banyak penyakit di tubuh kita.

Jika anda mandi di malam hari dengan air dingin lalu timbul kaku otot atau kram itu lumrah terjadi. Udara dingin malam bercampur dengan air dingin tentunya akan membuat tubuh kita kedinginan, namun hal ini tak akan sebabkan timbulnya rematik, nyeri punggung atau penyakit lainnya.

Mitos : Mandi seusai begadang sebabkan kematian

Fakta : Banyak sekali orang yang mempercayai bahwa mandi seusai begadang bisa akibatkan kematian, ditambah lagi banyaknya kasus dimana orang meninggal karena mandi seusai begadang, malah semakin menambah kepercayaan orang yang mendengarnya. Hal seperti ini tak perlu dikhawatirkan karena sama seperti mitos yang lain, mitos yang ini juga belum ada bukti empiris.

Bahkan ahli kesehatan mengatakan bahwa tak ada hubungannya mandi seusai begadang bisa akibatkan kematian ( di kutip dari Dr Oz indonesia ). Bila ada kasus kematian karena mandi seusai begadang, itu hanya kebetulan. Tetapi ada baiknya jika hal ini dihindari, karena selain begadang itu tidak baik bagi kesehatan, kondisi tubuh seusai begadang yang lelah kemudian mandi dengan air dingin tentu bisa saja membuat tubuh sakit atau drop.

Mitos : Dilarang langsung menyiram kepala saat mandi

Fakta : Apakah anda sering langsung mengguyurkan air ke kepala saat mandi, hal ini menjadi buah bibir di kalangan masyarakat, hingga menjadi mitos seperti sekarang. Nyatanya secara medis tak ada larangan untuk langsung menyiram kepala saat mandi, jadi intinya tak ada hubungan antara menyiram langsung kepala hingga sebabkan gangguan kesehatan.

Namun ada anjuran dari para ahli kesehatan, sebaiknya menyiram kepala dengan air secara pelan – pelan dan jangan gunakan air yang terlalu dingin untuk menyiram kepala karena hal ini bisa mengganggu saraf otak secara tidak langsung.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar kebiasaan saat mandi. Jangan lupa share dan like ya…

fiforlif kolesterol

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...
loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.