Sudden Cardiac Arrest (Henti Jantung)

tips pasutri

tips pasutri

Sudden cardiac arrest atau dalam bahasa awam disebut dengan henti jantung adalah suatu kondisi darurat medis yang ditandai dengan berhentinya atau menurunnya konstraksi bilik jantung kiri yang seketika menyebabkan kegagalan sistem sirkulasi tubuh.

Tanda dan gejala dari henti jantung berupa menurunnya kesadaran; nafas cepat dan frekuensinya berangsur angsur menurun sampai henti nafas, menurunnya tekanan darah yang berujung pada tidak terabanya denyut nadi pembuluh darah besar. Suara jantung tidak terdengar saat dilakukan pemeriksaan dengan stetoskop pada dada.

Henti jantung menjadi kondisi paling darurat dari seluruh kejadian darurat medis. Dalam beberapa menit, terjadi penurunan konsentrasi oksigen pada jaringan tubuh (hipoksia), kondisi ini menyebabkan terjadinya kerusakan multi organ. Bila tidak cepat ditangani, henti jantung dapat berujung pada kematian.

Penyebab paling umum dari henti jantung adalah gangguan kelistrikan pada otot jantung atau dalam medis kondisi yang paling sering menyebabkan gangguan kelistrikan jantung adalah ventricular fibrillation.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *