Hati – Hati Terhadap Asap Kompresor yang Dihirup Anak

tips pasutri

tips pasutri

Bagi orangtua yang memiliki anak, sebaiknya perhatikan dan peduli mengenai kemana saja si anak bermain agar bisa menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti kejadian yang dialami oleh Ibu Rintan Jasmine di Jakarta Barat seperti yang diutarakan disini. Si anak diduga sering menghirup asap kompresor saat pengecatan motor dari sebuah bengkel yang dekat dengan rumah.

Berbahayakah asap kompresor bagi anak?

Kompresor berdasarkan sumber energinya terbagi menjadi 2 yaitu menggunakan listrik dan bahan bakar minyak. Kompresor yang menggunakan minyak biasanya dipakai untuk pengecatan pada mobil atau motor di bengkel yang masih kecil, sedangkan kompresor yang menggunakan listrik biasanya dipakai untuk Air Conditioner (AC) seperti bitzer compressor. Asap dihasilkan oleh mesin kompresor yang menggunakan minyak yang berasal dari proses pembakaran, sedangkan mesin kompresor yang menggunakan listrik tidak menghasilkan asap. Pembakaran bahan bakar minyak selalu menghasilkan gas yang terdiri dari karbondioksida (CO2) dan karbonmonoksida (CO), kedua gas tersebut berbahaya jika sering dihirup dan dapat mengganggu kesehatan.

Apa saja gangguan kesehatannya?

Gangguan kesehatan yang paling utama diderita yaitu pada saluran pernafasan, selain itu juga bisa mengancam sistem saraf pusat. Apa saja gejala akutnya? Biasanya jika sudah terkena, gejala yang timbul yaitu sakit kepala baik ringan maupun sedang, gelisah, mual dan sulit bernafas. Apabila mengalami gejala tersebut sebaiknya langsung periksa diri ke dokter. Jika seseorang terkena paparan dalam jangka panjang, dapat menderita hipoksia yaitu kurangnya kadar oksigen dalam darah. Hal tersebut terjadi karena oksigen tidak dapat berikatan dengan sel darah merah manusia.

Apa saja pencegahannya?

Ada beberapa pencegahan agar si anak tidak menghirup asap kompressor, diantaranya yaitu :

  1. Jika yang menggunakan kompresor berbahan bakar minyak berada di dekat rumah, maka sebaiknya didiskusikan kapan saja ia memakai kompresornya agar Anda bersiap2 untuk menutup ventilasi rumah ataupun lainnya agar terhindar dari asap tersebut.
  2. Pakai ventilasi rumah yang bisa dibuka tutup agar dapat menutup ventilasi ketika si asap datang.
  3. Perhatikan kemana saja si anak bermain.
  4. Makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh baik si anak dan orangtuanya meningkat.
  5. Sarankan memakai kompresor listrik

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar asap kompresor tidak sering dihirup anak yang dapat mengganggu kesehatannya di kemudian hari.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini: