Tips Mencuci Yang Sehat

motorqq
win228

Mencuci pakaian adalah rutinitas yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas harian ibu rumah tangga. Mencuci pakaian bisa dilakukan secara manual dengan kedua tangan atau menggunakan mesin cuci yang lebih praktis. Tapi sayangnya banyak dari ibu rumah tangga yang belum mengetahui bagaimana cara mencuci pakaian yang benar sehingga pakaian yang telah dicuci bisa lebih sehat untuk dikenakan oleh anggota keluarga.

Dalam keseharian, pakaian merupakan pelindung utama tubuh dari kotor dan kuman. Karena fungsinya sebagai pelindung, pakaian rentan dihuni oleh ribuan bahkan jutaan jenis kuman setelah dipakai selama sehari. Pakaian berkuman ini bila bersinggungan dengan kulit pemakai tentu dapat menyebabkan penyakit terutama penyakit pada kulit.

Selain pakaian, peralatan rumah tangga seperti sprei, gorden, taplak meja, handuk, lap, alat-alat olahraga juga bisa menjadi sarang kuman dan harus rutin dicuci dengan benar agar bersih dan bebas dari kuman berbahaya.

Memuat...

Risiko infeksi yang disebabkan oleh kuman pada pakaian atau alat rumah tangga lainnya akan meningkat bila ada anggota keluarga yang sakit terutama sakit yang disebabkan oleh penyakit yang mudah menular seperti diare, penyakit kulit, dan lain lain.

Lalu, bagaimana cara mencuci pakaian dan alat alat rumah tangga agar selain bersih juga sehat?

  • Pakaian yang berpotensi paling kotor, cucilah dengan suhu diatas 60 derajat Celcius.
  • Bila tidak memungkinkan untuk mencuci pakaian diatas suhu 60 derajat Celcius, tambahkan 1 tutup botol Dettol Antiseptik Cair pada cucian untuk membunuh bakteri yang mungkin masih bertahan pada suhu rendah.
  • Pisahkan pakaian pribadi dengan kain yang biasa dipakai di dapur.
  • Ketika mencuci popok, buang semua benda padat yang mendempel menggunakan tisu ke dalam toilet. Cuciah popok terpisah dengan menguceknya terlebih dahulu kemudian menggunakan air yang suhu diatas 60 derajat Celcius.
  • Jangan mencuci pakaian kotor di wastafel karena bisa mencemarinya.
  • Bila mencampur cucian bayi dengan pakaian dewasa, gunakanlah Dettol Antiseptik Cair untuk memastikan semuanya tetap higienis.
  • Bila ada anggota keluarga yang sakit, pisahkan cuciannya dan gunakan Dettol Antiseptik Cair untuk mengurangi risiko penularan.
  • Keringkan pakaian setelah dicuci. Jangan membiarkannya menumpuk karena kondisi yang lembab akan menjadi sarang bakteri.
  • Semakin tinggi suhunya, maka akan semakin kecil kemungkinan bakteri dapat hidup. Gunakan suhu pencucian diatas 90 derajat Celcius seminggu sekali. Setelah mencuci, buka dan keringkan tabung tempat deterjen mesin cuci.
  • Cucilah tangan sehabis mencuci pakaian. Ingatlah bahwa Dettol Antiseptik Cair mampu membunuh 100 kuman penyakit pada cucian.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *